Penyebab Pria Lebih Rentan Serangan Jantung dari Wanita

Ilustrasi kalap makan.
Sumber :
VIVAlife
Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip
- Makanan berlemak dengan mudah dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dibandingkan wanita, pria paruh baya lebih mungkin menderita penyakit ini. Bahkan, tak sedikit berujung pada serangan jantung.

Arsenal Tidak Akan Juara Premier League

Sebuah penelitian dilakukan oleh Dr Erik Madssen dari Norwergian University of Science and Technology melibatkan 23.255 wanita dan 20.725 pria. Ditemukan 533 kasus serangan jantung pada pria yang berusia kurang dari 60 tahun. Sementara wanita hanya 157 kasus. Penelitian kesehatan ini dilakukan selama 12 tahun.
Noel Joman Sebut Sikap Sinis Hasto ke Jokowi Merugikan PDIP dan Megawati


"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa di usia pertengahan, kadar kolesterol jauh lebih tinggi pada pria dibandingkan wanita," kata Erik seperti dikutip dalam
Dailymail.


Bukan hanya itu, temuannya menunjukkan, pria paruh baya dengan kadar kolesterol tinggi juga berisiko pada peningkatan
infark miokard
. Ini adalah kematian jaringan yang disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh. Kondisi ini dikarenakan adanya penyumbatan ketika menyuplai darah.


Terkait hal tersebut, alasan wanita lebih rendah angka serangan jantung karena kolesterol, karena hormon seks yang memberikan perlindungan. Hormon estrogen diketahui mampu melindungi jantung wanita.  Hormon ini bekerja dalam sel darah putih yang mencegah plak menempel dalam pembuluh darah. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan berbahaya yang berujung pada kerusakan vaskular atau pembuluh darah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya