NASIONAL

Kebakaran Lahan Gambut, Jalan Lintas Sumatera Berkabut

Ada 39 titik api di Sumatera Selatan dan diperkirakan akan meluas.
Rabu, 28 Agustus 2013
Oleh : Aries SetiawanAji YK Putra (Palembang)
Kabut asap di Jalan Lintas Sumatera, Inderalaya-Palembang

VIVAnews - Jalur lintas Sumatera, Inderalaya-Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, mulai diselimuti asap tebal. Jarak pandang hanya berkisar 5 meter.

Kendaraan yang melintas harus menyalakan lampu dan melaju dengan perlahan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Kabut asap yang menyelimuti jalan lintas Sumatera sudah terjadi sejak satu pekan terakhir. Menurut Melly, salah satu warga Kabupaten Ogan Ilir, kabut asap tersebut terjadi setiap hari, dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Asap itu berasal dari kebakaran lahan gambut. Kemarin ada tiga mobil Innova mengalami tabrakan beruntun akibat kabut asap," kata Melly.

39 titik api

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Yulizar Dinoto mengatakan, hingga hari ini pihaknya telah menemukan 39 titik api di Sumsel dan diperkirakan terus meluas.

"Dari pantauan kami, ada beberapa titik yang terlihat. Di Kabupaten Musi Banyuasin ada 3 titik, Musi Rawas 19 titik, Oku 2 titik, Lahat 2 titik, Kabupaten Empat Lawang 8 titik dan Lubuk Linggau 1 titik," Yulizar menjelaskan.

Yulizar mengatakan ada beberapa wilayah di Sumsel yang memang titik rawan kebakaran lahan gambut.

"Paling banyak titik itu di Kabupaten Musi Banyuasin dan Musi Rawas, karena di sana ada banyak lahan gambut," katanya.

Untuk mengantisipasi peningkatan titik hotspot, kata Yuzrizal, pihaknya telah menyiapkan satu pesawat Cassa dan dua pesawat Hercules milik TNI. "Kami telah melakukan penyemaian setiap hari di beberapa titik rawan hotspot, terutama Muba dan Musi Rawas," kata dia.

Meski begitu, Yuzrizal menegaskan, titik api di Sumsel masih dalam batas normal. "Suhunya juga hanya 30 derajat, belum separah Riau," tuturnya. (eh)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found