Suap Impor Daging, KPK Buka Peluang Periksa 'Bunda Putri '

Ridwan Hakim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews - Sosok Bunda Putri dalam persidangan kasus suap impor daging dengan terdakwa Ahmad Fathanah masih misterius. Adalah Ridwan Hakim, anak dari Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hilmi Aminuddin yang pertama kali mengungkap sosok Bunda Putri dalam kasus yang juga menjerat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.
Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

Namun apa yang diungkap Ridwan hanya sedikit. Bahkan Ridwan tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut siapa Bunda Putri yang dimaksud. Ridwan hanya menjawab, Bunda Maria adalah orang yang selama ini membimbingnya berbisnis. 
Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto mengatakan, pihaknya masih mendalami keterangan Ridwan Hakim di persidangan. Khusus mengenai sosok Bunda Putri yang diungkap Ridwan, Bambang menegaskan, KPK akan mempertimbangkan untuk memeriksa Bunda Putri.
AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

"Kami akan mengkaji dan mempertimbangkan apa yang mesti dilakukan," kata Bambang kepada VIVAnews, Sabtu 31 Agustus 2013.

Hingga saat ini, Bambang mengaku belum memperoleh laporan yang utuh dari jaksa penuntut umum mengenai kesaksian Ridwan Hakim di persidangan.

Saat dikonfirmasi ke Bambang apakah KPK telah mengantongi identitas Bunda Putri yang disebut Ridwan Hakim. Mengingat sosoknya seperti yang diungkap Ridwan bisa mempengaruhi kebijakan elit politik, tak hanya petinggi PKS tapi juga para menteri kabinet, Bambang malah balik bertanya.

"Begitu ya?," ujar Bambang balik bertanya. Saat ditanya lebih lanjut, pria yang akrab disapa BW itu menolak berkomentar.

Sebelumnya Jaksa KPK, Muhibuddin mengatakan, Bunda Putri belum sempat diperiksa KPK saat penyidikan tersangka Ahmad Fathanah maupun Luthfi Hasan Ishaaq. Muhibuddin beralasan, KPK belum sempat memeriksa Bunda Putri di penyidikan karena berkas Luthfi maupun Fathanah harus segera dilimpahkan ke pengadilan. 

Namun peluang untuk memeriksa Bunda Putri masih terbuka, sebab, KPK belum merampungkan pemeriksaan terhadap Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

Pada sidang Kamis lalu, Ridwan mengungkap sosok Bunda Putri dalam pusaran kasus suap pengurusan kuota impor daging. Sehari setelah tertangkapnya Ahmad Fathanah oleh KPK, 29 Januari 2013, Bunda Putri sempat memanggil Presiden PKS saat itu dijabat Luthfi, ke rumahnya di kawasan Pondok Indah.

"Dia (Bunda Putri) tanya ada apa itu semalam? Saya dengar dari media dikaitkan dengan kementerian. Ustaz Luthfi bilang saya sudah cek itu swasta ke swasta, tidak terkait kementerian," ujar Ridwan mengutip percakapan Luthfi dan Bunda Putri.

Ridwan Hakim dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan rekaman penyadapan yang diputar jaksa dipersidangan, mengaku bahwa ada seorang menteri pernah berkunjung ke rumah Bunda Putri pada 27 Januari 2013. Menteri tersebut bertamu hingga pukul satu dinihari. Sayangnya, Ridwan tidak menjelaskan siapa menteri yang “sowan” kepada si bunda itu. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya