NASIONAL

Bali Tawarkan Endek ke Peserta KTT APEC

Kain khas Bali ini akan diberikan kepada kepala negara yang hadir.

ddd
Selasa, 3 September 2013, 15:20 Hadi Suprapto, Bobby Andalan (Bali)
Koleksi bergaya etnik dengan kain khas Bali, endek.
Koleksi bergaya etnik dengan kain khas Bali, endek. (www.jfff.info)
VIVAnews - Dewan Kerajinan Nasional Daerah akan segera menawarkan pemakaian kain bermotif khas Bali, endek, kepada para kepala negara yang akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Nusa Dua Bali pada Oktober mendatang.

"Kami akan bangga bila para kepala negara yang hadir menggunakan endek, karena ini produk asli Bali," kata Ketua Dekrasnada Bali Ny. Ayu Pastika, Selasa 3 September 2013.

Saat ini Dekrasnada sedang merancang motif endek yang tepat untuk kepala negara di kawasan Asia Pasifik itu. Hasil rancangan itu akan ditawarkan kepada para kepala negara yang hadir. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bila peserta lain atau pejabat setingkat kepala negara ada yang tertarik dan ingin menggunakannya akan dilayani.

"Ini merupakan promosi gratis bagi Bali dan produk kerajinan kain endek," ujar Ayu Pastika.

Rencananya promosi endek itu akan dipaketkan dengan beberapa promosi produk kerajinan lainnya saat KTT Oktober nanti.

Gubernur Made Mangku Pastika mengatakan, seni kerajinan Bali juga merupakan salah satu pilar pembangunan ekonomi Bali. Untuk itu, Dekrasnada harus mengembangkan program dan terus mendorong kualitas SDM perajin. Tujuannya agar hasil kerajinan dapat  bersaing di pasar global.

"Pada 2015 nanti Indonesia yang menjadi bagian dari masyarakat ekonomi ASEAN akan terkena dampak pemberlakuan Asean Free Trade Agreement (AFTA). Semua produk bebas masuk ke mana saja," ujar Pastika. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com