7 Tips Sehat Hadapi Lembur

Dengan Bodrex, Kerja Menjadi Lancar
Sumber :

VIVAlife - Pekerjaan masih menumpuk padahal jam kerja hampir berakhir? Atau ada tugas mendadak dari atasan yang harus selesai hari ini juga? Tak bisa ditolak, Anda butuh jam kerja ekstra.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Masih harus beraktivitas saat seharusnya tubuh beristirahat, jika dilakukan terus menerus memang bisa berbahaya bagi kesehatan. Berbagai penyakit mengintai para pekerja lembur, seperti diabetes, jantung, insomnia, sampai stres.

Ahli menyebutkan, karyawan yang bekerja di malam hari selama tiga malam atau lebih, lebih berisiko terkena diabetes tipe 2.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Namun, memang ada beberapa profesi yang menuntut karyawannya bekerja di malam hari. Jika Anda termasuk di dalamnya, harus lebih waspada menjaga kondisi tubuh.

Jangan khawatir, berikut beberapa tips sehat bagi para pekerja lembur, dikutip dari laman Boldsky.

Makanan Sehat

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Perbanyak sayuran seperti bayam, brokoli dan buah-buahan bernutrisi tinggi saat harus lembur. Hindari makanan berminyak, karena itu memperlambat pencernaan dan membuat Anda lebih cepat lelah. Makanan berminyak juga mengandung kalori dan kolesterol tinggi.

Hindari Kopi

Kopi adalah minuman yang tak bisa diihindari saat bekerja di malam hari. Mungkin memang mujarab menahan lelah dan mengantuk. Namun, mengonsumsinya lebih dari satu gelas per hari bisa berbahaya bagi tubuh.

Minum Air Putih

Bekerja lembur sering membuat tubuh kekurangan energi dan kandungan air. Memperbanyak minum air putih penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih tetap segar. Air putih juga membantu Anda melawan rasa lelah.

Camilan

Jangan merasa berdosa hanya karena mengonsumsi makanan ringan saat lembur. Yang penting, hindari makanan manis. Kandungan gula berlebih bisa meningkatkan berat badan dengan singkat. Kacang almond atau sandwich tanpa keju bisa menjadi pilihan camilan yang sehat.

Minuman Berenergi

Tetap terjaga dan segar saat harus bekerja di malam hari memang memang menjadi impian. Namun, jangan percayakan hal itu pada minuman berenergi. Pada dasarnya, minuman ini mengandung banyak kafein. Efeknya sama buruk dengan mengonsumsi kopi.

Berjalan-jalan

Jika merasa lelah, Anda bisa refreshing sejenak dengan berjalan-jalan. Tak ada salahnya keluar dari ruang kerja dan menikmati keindahan malam. Justru bisa membantu menyegarkan pikiran.

Tidur Sejenak

Tak baik memaksakan diri. Jika benar-benar lelah, gunakan waktu istirahat Anda untuk tidur sejenak. Sekadar memejamkan mata saja, bisa membantu Anda tetap segar lebih lama.

Kini, lembur tak lagi menjadi momok yang menakutkan bukan? (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya