Bunda Putri, Istri Pejabat Eselon Satu di Kementerian Pertanian?

Ridwan Hakim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Siapa Bunda Putri, sosok yang disebut-sebut punya pengaruh besar mempengaruhi kebijakan elit politik itu masih misteri. Sosok misterius-- yang mampu mempengaruhi kebijakan partai hingga menteri itu, muncul dalam rekaman hasil penyadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rekaman ini diputar jaksa KPK di sidang Kamis, 29 Agustus 2013.

Dalam kesaksiannya, Ridwan Hakim--anak Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin--mengatakan Bunda Putri adalah mentornya dalam berbisnis.

Ridwan mengaku kenal Bunda Putri sejak tahun 2010. Menurut dia, Bunda Putri bukan hanya seorang mentor bisnis tapi juga orang yang berpengaruh di PKS.

Seorang sumber VIVAnews di Kementerian Pertanian, mengungkapkan siapa sosok Bunda Putri itu. Bunda Putri, kata sumber itu, adalah istri salah seorang pejabat eselon satu di Kementerian Pertanian. Di kalangan pegawai Kementerian Pertanian, tokoh ini kerap disapa dengan nama "Bunda".

"Bunda Putri ini adalah istri yang ketiga. Istri pertama sudah lama cerai, dan istri kedua adalah artis, masih muda tapi sudah diceraikan," katanya.

Dia menuturkan, sebelum menikahi Bunda Putri, beredar kabar di kalangan pegawai Kementan, sang pejabat eselon satu itu mengirimkan surat ke Menteri Pertanian. Isi surat mengatakan, sang pejabat eselon satu itu akan menceraikan istri keduanya yang seorang artis.

"Kemudian pada akhir tahun 2012, santer terdengar kabar pejabat eselon satu itu telah menikahi Bunda Putri," ujar sumber. Tapi, sumber itu melanjutkan, si pejabat eselon satu itu baru mengenalkan istri barunya kepada jajaran pejabat Kementerian Pertanian baru pada bulan April lalu. Dia tak mengenalkan istri barunya itu kepada pegawai, tapi hanya kepada jajaran selevel direktur.

Pada sidang Kamis pekan lalu, Ridwan mengungkap sosok Bunda Putri dalam pusaran kasus suap pengurusan kuota impor daging. Sehari setelah tertangkapnya Ahmad Fathanah oleh KPK, 29 Januari 2013, Bunda Putri sempat memanggil Presiden PKS saat itu dijabat Luthfi, ke rumahnya di kawasan Pondok Indah.

Bunda Putri dalam rekaman penyadapan terkesan punya pengaruh besar di tokoh tertentu pemegang jabatan di pemerintahan. Luthfi Hasan menyebut Bunda Putri bertugas "mengkondisikan orang-orang pengambil keputusan agar keputusannya sesuai dengan apa yang dia mau".

Sosok Bunda Putri kemudian kian misterius karena Ridwan Hakim tidak bersedia menjelaskan lebih lanjut siapa gerangan yang dimaksud. Ridwan hanya menjawab, Bunda Putri adalah orang yang selama ini membimbingnya berbisnis. (kd)

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama capres-cawapres pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat, 29 Maret 2024

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengucapkan selamat, atas kemenangan yang diraih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada kontestasi Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024