Alex Noerdin Sesumbar Bakal Menang Lagi

Alex Noerdin (kedua dari kanan)
Sumber :
  • VIVAnews/Aji Y.K Putra
VIVAnews
Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya
- Artis asal Palembang, Anwar Fuadi, menyambangi kediaman calon Gubernur Sumatera Selatan incumbent Alex Noerdin di Jalan Merdeka, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, Sumatera Selatan. Anwar bersama calon wakil gubernur Ishak Mekki mendampingi Alex menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) TPS 03, yang tak jauh dari kediaman calon Gubernur nomor urut 4 ini.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Secara gamblang, aktor ternama itu menyatakan mendukung calon nomor urut 4 untuk kembali terpilih sebagai Gubernur Sumsel. "Saya mendukung penuh kemenangan Pak Alex Noerdin dan pasangannya Ishak Mekky karena memang terbukti berkualitas, sudah jelas prestasinya di Sumsel," kata Anwar di kediaman Alex, Rabu 4 September 2013.
Aktris Teater Joo Sun Oak Meninggal Dunia, Mati Otak hingga Pilih Donorkan Organ Tubuh


Alex sendiri mengimbau warga yang berada di TPS dekat kediamannya untuk tetap menggunakan hak pilihnya. "Jangan golput, warga harus tetap  memilih agar dapat menggunakan hak pilihnya dan menentukan pemimpin Sumsel yang akan datang."


Pada pilkada Sumsel yang diulang di empat kabupaten/ kota serta satu kecamatan di kabupaten kelima itu, pasangan nomor urut 4 ini, tetap optimistis memenangkan pertarungan meraih Sumsel 1. "Kami tetap optimistis, karena sebelum diulang kami sudah menang. Insya Allah, untuk kedua kalinya kami tetap meraih suara terbanyak."


Sementara calon Wakil Gubernur Ishak Mekki tidak mencoblos, lantaran berdomisili di Ogan Komering Ilir yang tidak menggelar pemungutan suara ulang.  "Di tempat kami tidak diulang, sehingga saya mendampingi Alex ke sini. Kami pastikan akan tetap menang untuk kedua kalinya," ujar Ishak Mekki.


Eddy Santana Juga Optimistis


Sementara itu calon Gubernur nomor urut 1 Eddy Santana juga tetap optimistis meraih suara terbanyak. Menurut mantan Wali Kota Palembang itu, pada pencoblosan ulang ini, dia meminta KPU Sumsel untuk tetap adil dan bermartabat dalam tugas. "Laksanakan pesta demokrasi kedua untuk rakyat Sumsel dengan fair, agar tidak menimbulkan selisih paham dan menyebabkan konflik," ujar Eddy.


Eddy merasa prihatin pada pemilihan ulang ini, sebab, menjelang pelaksanaan masih saja didapatkan oknum dari salah satu kandidat yang melakukan politik uang. "Padahal sudah diputuskan MK, tetapi masih saja seperti itu. Semestinya sudah harus didiskualifikasi," kata Eddy.


Sekadar mengingatkan, pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Gubernur Sumatera Selatan, dilaksanakan pada hari ini, Rabu 4 September 2014. Pencoblosan untuk kedua kalinya itu, dilakukan setelah Mahkama Konstitusi memutuskan untk melakukan pemilihan ulang di 5 kabupaten/ kota Sumatera Selatan.


Mahkamah Konstitusi (MK) pada 11 Juli 2013, memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan pemungutan suara ulang di lima tempat pemungutan suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.


MK juga membatalkan Keputusan KPU Sumatera Selatan, tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018  pada 13 Juni 2013 lalu, yang memenangkan pasangan nomor urut 4 Alex Noerdin- Ishak Mekki karena terbukti telah menggunakan dana APBD saat melakukan kampanye sebesar Rp1,4 triliun.


Pilkada sebelumnya digelar pada 6 Juni 2013 lalu. Pilkada ini dimenangkan incumbent Alex Noerdin dengan perolehan 1.405.510 suara, kemudian Herman Deru-Linda berikutnya dengan suara 1.258.240.  Sementara pasangan nomor urut 1 Eddy Santana - Wiwit Tatung mendapatkan perolehan suara 695,667 suara (18,5 persen). Sedangkan nomor urut 2 Iskandar Hasan-Hafisz Tohir memperoleh 400,321 suara (10,64 persen). Sehingga kedua pasangan terakhir ini sudah dipastikan kalah. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya