78% Suara, Herman Deru Ungguli Alex Noerdin di Pilkada Sumsel

Empat pasangan cagub di Pilkada Sumatera Selatan
Sumber :
  • ANTARA/ Feny Selly
VIVAnews
Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia
- Herman Deru sementara ini mengungguli Alex Noerdin dalam pemungutan suara ulang pemilihan umum kepala daerah Sumatera Selatan, Rabu, 4 September 2013.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul

Berdasarkan
Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Polisi Sebut Ada 7 Orang Terjebak di Lokasi
Quick Count (penghitungan cepat) yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia, Herman meraup 53,88% sementara Alex hanya 35,65%.


Posisi berikutnya ditempati pasangan Eddy Santana - Wiwiet Tatung dengan 7.78% dan yang terakhir pasangan Iskandar Hasan - Hafiz Tohir yang mendapat 3.93%.


Hasil tersebut, berdasarkan data empat kabupaten kota Sumsel, yang masuk sebanyak 78.67%.


Pantauan
VIVAnews
, kediaman Alex Noerdin saat ini dipenuhi oleh simpatisan serta tim kemenangan yang secara langsung menyaksikan perhitungan cepat melalui layar televisi.


Seperti diketahui, pelaksanaan pemilihan ulang dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan untuk melakukan pemilihan ulang di 5 kabupaten/kota Sumatera Selatan.


Mahkamah Konstitusi (MK) pada 11 Juli 2013, memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan pemungutan suara ulang di lima tempat pemungutan suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.


MK juga membatalkan Keputusan KPU Sumatera Selatan, tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018  pada 13 Juni 2013 lalu, yang memenangkan pasangan nomor urut 4 Alex Noerdin- Ishak Mekki karena terbukti telah menggunakan dana APBD saat melakukan kampanye sebesar Rp1,4 triliun.


Pilkada sebelumnya digelar pada 6 Juni 2013 lalu. Pilkada ini dimenangkan
incumbent
Alex Noerdin dengan perolehan 1.405.510 suara, kemudian Herman Deru-Linda berikutnya dengan suara 1.258.240.  Sementara pasangan nomor urut 1 Eddy Santana - Wiwit Tatung mendapatkan perolehan suara 695,667 suara (18,5 persen). Sedangkan nomor urut 2 Iskandar Hasan-Hafisz Tohir memperoleh 400,321 suara (10,64 persen). (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya