Ratusan Personel Polisi Siap Amankan Pilkada Garut

Pengamanan KTT ASEAN 2011.
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhani

VIVAnews - Polres Garut siagakan kekuatan untuk pengamanan pemilukada Garut, Minggu, 8 September 2013. Sebanyak 990 orang personel juga telah disiapkan.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Kapolres Garut, AKBP Umar Surya Fana menyatakan bahwa pihaknya akan menindak tegas pihak mana pun yang mengganggu keamanan pemilukada.

"Kalau ada sejumlah pihak tidak puas dengan hasil pemilu, silakan menempuh jalur hukum. Namun, jika melanggar hukum, kami tidak akan segan-segan untuk bertindak sesuai hukum berlaku," ujar Umar, Sabtu, 7 September 2013 kepada wartawan, di Mapolres Garut.

Dalam pengamanan hari pemungutan suara, Polres Garut akan dibantu 100 personel Brimob Polda Jabar, 2 peleton BKO Polres Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Tasikmalaya, bantuan personel TNI, Dishub, Satpol PP, Kesbang, dan Senkom.

"Jadi, kami akan menempatkan pasukan pengamanan di lokasi strategis yang dipandang rawan terjadinya gangguan keamanan," ungkap Umar.

Umar mengatakatan, dia yakin pemilukada Garut 2013 dapat berjalan dengan lancar. Walaupun, potensi ketidakpuasan dan munculnya sejumlah gugatan dari pihak pasangan calon yang kalah dalam pemilihan akan tetap ada.

"Namun, warga Garut sudah dewasa dan mengerti mengenai pemilukada," ujarnya.

Divisi Teknis dan Kehumasan pada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut, Abdal, mengatakan, semua logistik penyelenggaraan pemilukada, seperti surat suara, kotak suara, dan logistik lain telah sampai di seluruh Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di tingkat desa.

"Semua logistik, terutama surat suara sudah disortir dan memang ditemukan sejumlah surat suara yang rusak. Namun, tidak banyak dan semua sudah diganti karena disediakan cadangannya sebanyak 2,5 persen dari total DPT," ucapnya.

Jumlah seluruh surat suara yang dicetak sebanyak 1.822.175 lembar. Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah Garut 2013 sebanyak 1.760.130 jiwa. Para pemilih akan menentukan pemimpin melalui pemungutan suara di 4.064 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Garut.

"Saat hari pemungutan suara, para calon pemilih yang tidak bisa pulang ke tempat tinggal asalnya, dapat mencoblos di TPS terdekat. Namun, calon pemilih ini harus memiliki formulir A8 yang diberikan TPS di tempat asalnya," jelasnya. (art)

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024