NASIONAL

FOTO: Gunung Sinabung Meletus

Warga diminta tidak beraktivitas di radius 3 km dari kawah.

ddd
Senin, 16 September 2013, 07:09 Ita Lismawati F. Malau
Suasana ketika gunung Sinabung meletus di Kabupaten Karo, Sumut, Minggu (15/9/2013).
Suasana ketika gunung Sinabung meletus di Kabupaten Karo, Sumut, Minggu (15/9/2013). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

VIVAnews - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, meletus pada Minggu 15 September 2013 pukul 02.51 WIB. Meski tak tinggi, letusan itu memuntahkan abu vulkanik dan batu-batu kecil.

Sekitar lima menit sebelum meletus, terlihat ada api di puncak kawah Sinabung. Setelah meletus, asap tebal hitam membawa abu keluar dari kawah itu. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, sebelumnya menjelaskan, status gunung tersebut naik ke siaga (Level III).

Lihat galeri fotonya di tautan ini.

Dia juga mengimbau agar warga untuk tak beraktivitas pada radius 3 km dari kawah. Masyarakat di Desa Sukameriah yang berada dalam radius 3 km maupun masyarakat setempat yang berada di luar radius itu pun kini diungsikan.
 
Masyarakat Desa Sukameriah di Kecamatan Payung, Desa Kutarayat, Kutagugung, Simacem, dan Bekerah di Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, telah melakukan evakuasi mandiri ketika mereka mendengar gemuruh dan letusan Gunung Sinabung.

Mereka mengungsi ke Ibukota Kabupaten Karo di Kabanjahe. Pengungsi ditempatkan di gedungsekitar Kantor Bupati Karo. Jumlah pengungsi masih dalam pendataan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com