Saksi Tri Kurnia: Sekali Curhat, Fathanah Transfer Uang

Honda Freed terkait Ahmad Fathanah
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro
VIVAnews
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
- Saksi Tri Kurnia Rahayu, mengaku pernah dibelikan mobil Honda Freed dan diberi sejumlah uang oleh Ahmad Fathanah, terdakwa kasus suap pengurusan kuota impor daging dan tindak pidana pencucian uang. Tri Kurnia mengungkapkan hal ini saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin 16 September 2013.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

"Katanya sayang sama anak saya. Saya tidak tahu ada maksud lain," kata Tri Kurnia.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui


Tri Kurnia mengatakan, Fathanah memang pernah memberikan uang sebesar Rp412 juta. Namun uang tersebut sudah dikembalikan ke KPK. Selain uang yang sudah dikembalikan ke KPK, Tri Kurnia juga pernah menerima uang sebesar Rp20 juta untuk sewa apartemen. Disamping itu Fathanah juga sering memberikan uang yang besarannya sekitar Rp5 juta untuk uang jajan. "Bukan sering, tapi kalau kasih uang itu untuk anak saya," ujarnya.


Belum cukup, Fathanah juga menggelontorkan uang US$200 ribu kepada Tri Kurnia. Uang tersebut setelah ditukarkan oleh Tri Kurnia ke rupiah, kemudian dibelikan mobil Honda Freed. "Itu juga perintah beliau (Fathanah) untuk membelikan mobil, untuk anak saya," katanya lagi.


Fathanah juga pernah membelikan Tri Kurnia perhiasan senilai ratusan juta rupiah dan jam mewah merek Rolex. Semua pemberian Fathanah itu diklaim Tri Kurnia hanya cuma-cuma. Sebab selama ini, Fathanah mengenalnya hanya sebagai tempat 'curhat'.


"Saya tidak tahu membelikan perhiasan motifnya apa. Tapi memang beliau (Fathanah) setiap habis curhat transfer uang," katanya.


Tri Kurnia Rahayu, memenuhi panggilan Jaksa KPK untuk memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor. Dia tiba sekitar pukul 10.15 WIB dan terlihat mengenakan jilbab dan kacamata.


Tidak hanya Tri Kurnia, Pengadilan Tipikor juga memanggil model majalah dewasa Vitalia Shesya. Dia juga dimintai keterangan terkait aliran dana Ahmad Fathanah. Istri Ahmad Fathanah, Sefti Sanustika, artis Ayu Azhari dan tiga saksi lain yang diketahui dari toko emas, juga dipanggil sebagai saksi. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya