Satu Mahasiswa yang Hanyut di Sungai Padang Belum Ditemukan

Olahraga arung jeram di Batang Anai, Sumatera Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maril Gafur

VIVAnews- Salah satu dari enam mahasiswa pecinta alam Universitas Andalas Padang, yang Sabtu sore kemarin hanyut di Sungai Patamuan, belum juga ditemukan. Meski 5 kawannya sudah ditemukan tidak bernyawa, orang tua mahasiswa yang hilang itu berharap agar sang anak ditemukan dalam keadaan masih hidup.

Bicarakan Hubungan dengan Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Hampir Setiap Hari Nangis

Aidil Adi Warsa, mahasiswa Jurusan Ekonomi ini ikut hanyut bersama temannya ketika menyebrangi Sungai Patamuan, Batu Busuak, Kecamatan Puah, Padang. 

Paman Aidil bernama Reka mendatangi posko petugas pencari di Batu Busuak, Minggu siang 29 September 2013. Dia berharap kepada petugas agar mencari kemenakannya sampai ketemu.

"Tolong temukan kemenakan saya, Pak. Kalaupun tidak bisa dalam keadaan hidup, tubuhnya pun kami siap menerima," kata Reka sambil menangis di hadapan petugas.

Untuk menenangkan Reka, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Budi Erwanto mengatakan bahwa tim pencari akan terus berusaha.

"Kami sudah susuri seluruh sungai. Kemungkinan besar, korban sudah berada di laut. Karena tekanan air cukup besar untuk membawa korban ke muara hingga ke tengah laut."

Di saat yang sama, Kepala Basarnas Kota Padang Zainul Tahar mengatakan bahwa pihaknya sudah memblokir aliran sungai Batan Kuranji. Kalau seandainya korban masih berada di atas dan hanyut, akan diketahui secara cepat.

Meskipun awan hitam dan gerimis menyelimuti Kota Padang, pencarian Aidil terus berlanjut.  Setidaknya 500 orang yang ikut mencari Aidil. Dari jumlah itu, 80 orang dari BPBD, 30 orang TNI, 20 orang Brimob serta ratusan pecinta alam dan masyarakat umum.

"Jika penerangan masih memadai, kami akan cari terus. Tapi kalau hari gelap, mungkin kami akan istirahat dulu, karena kalau gelap tidak akan efisien."

Pencarian dilakukan menggunakan perahu karet, jaring juga alat lainnya.

Anggota senior Mapala Unand Aldian kepada VIVAnews, menjelaskan, rekan-rekannya saat itu sedang melakukan survei medan untuk kegiatan anggota baru. Dalam perjalanan pulang, enam di antara mereka diseret air bah, sementara dua orang berhasil menyelamatkan diri.

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia
Yusril Ihza Mahendra, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Yusril soal Megawati Jadi Amicus Curiae: Belum Tentu Pengaruhi Hasil Sengketa Pilpres

Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra buka suara soal Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengajukan diri sebagai amicus curiae.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024