Mengapa Banyak yang Belum Terima e-KTP?

Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi e-KTP
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
- Sampai akhir bulan September, Kementerian Dalam Negeri telah mencetak 148 juta lembar e-KTP dari target 172 juta hingga akhir tahun.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, yakin target itu bisa tercapai. Menurutnya, proses penerbitan e-KTP terus berlanjut hingga saat  ini.
Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya


"Target kita sebanyak 172 juta e-KTP hingga akhir tahun ini dan itu sudah tercetak sebanyak 148 juta," kata Gamawan di Jakarta, Senin 30 September 2013.


Angka 172 juta ini menurut Gamawan memang lebih sedikit dari total potensi e-KTP di seluruh wilayah Indonesia. Potensinya mencapai 190 juta lembar.


Namun, anggaran yang tersedia hanyalah untuk 172 juta lembar saja. sedangkan 20 juta yang tidak dimasukkan dalam proyek ini akan dimasukkan dalam program reguler.


Gamawan mengungkapkan e-KTP yang masih belum dibagikan kebanyakan karena terkendala jarak. Mereka yang lama terakses e-KTP adalah mereka yang tinggal di perbatasan dan di pulau-pulau jauh.  Daerah-daerah tersebut harus dijangkau dengna cara manual, seperti menggunakan sepeda motor, perahu ataupun kapal.


Setelah data dari satu daerah dikumpulkan, barulah data-data tersebut dimasukkan ke dalam database di Kecamatan dan dimasukkan ke dalam sistem. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya