Sutarman Gantikan Timur Jadi Kapolri Tahun Ini

Bursa calon Kapolri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVAnews - Kepala Kepolisian RI Jenderal Timur Pradopo mengajukan empat nama penggantinya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Komisaris Jenderal Polisi Sutarman ditempatkan pada posisi teratas hingga akhirnya direkomendasikan oleh presiden ke DPR.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

"Tentu yang terbaik di antara calon sehingga presiden pilih Sutarman. Terbaik melanjutkan apa yang menjadi tugas ke depan, pengamanan pemilu, pemberantasan terorisme, penanganan korupsi, dan melanjutkan reformasi bikorasi di polisi," kata Timur di Istana Negara, Jakarta, Senin 30 September 2013.

Timur mengungkapkan pergantian posisi Tribrata I ini akan dipercepat. Sedianya, Timur akan pensiun pada Januari 2014. Namun, ia mengatakan tahun ini penggantinya sudah dapat menjalankan tugasnya jelang Pemilihan Umum 2014.

"Secepatnya. Nanti ada fit and proper test. Sudah disampaikan Presiden, untuk pengamanan Pemilu 2014 secepatnya dari unsur pimpinan polri terutama. Semua sudah dipersiapkan. Tahapan-tahapan juga dilalui, kemudian tugas ke depan itu yang menjadi harapan semuanya," jelas Timur.

Meski begitu, Timur masih enggan menyampaikan apa rencananya nanti usai pensiun dari Polri. "Sekarang melanjutkan ini dulu, setelahnya kita sampaikan nanti," tuturnya.

Komisaris Jenderal Sutarman menjadi calon tunggal orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia. Sutarman akan menduduki kursi Tribrata I menggantikan Jenderal Timur Pradopo yang memasuki masa pensiun pada Januari 2014 mendatang.

Kepastian itu didapat setelah Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat RI menerima surat pengajuan Kepala Kepolisian RI baru yang dikirimkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Surat itu diterima DPR Jumat pagi, 27 September 2013 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Presiden SBY hanya mengajukan satu nama, yaitu Komjen Pol. Sutarman," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Bank Mandiri memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa, di seluruh Indonesia sebagai bentuk empati.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024