Gambar Perkembangan Organ Reproduksi sebagai Bahan Edukasi

Gambar Perkembangan Organ Reproduksi sebagai Bahan Edukasi
Sumber :

VIVAnews - Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan RI, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc, menyayangkan pemberitaan tentang “Buku Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Lanjutan” hanya berfokus pada pembahasan tentang kesehatan reproduksi pada dua halaman saja. Padahal, sebenarnya Buku Penjaringan Kesehatan tersebut membahas banyak indikator permasalahan kesehatan.

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di dalam buku tersebut, mencakup status kesehatan umum, riwayat kesehatan pribadi, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan inteligensia, dan kesehatan reproduksi.

“Ini sifatnya scientific, bukan pornografi”, ujar dr. Jane, saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Kesehatan RI, di Jakarta 7 September 2013.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Menurutnya, gambar tersebut merupakan hasil sebuah penelitian dan bersifat ilmiah. Skala Tanner yang digunakan merupakan gambar sebagai indikator untuk menilai tumbuh kembang kelenjar payudara maupun kematangan organ reproduksi sekunder dari pria. Dengan kata lain, pertanyaan-pertanyaan dalam buku tersebut menjadi indikator untuk mengetahui status pubertas remaja.

“Prosedurnya adalah peserta didik diminta untuk menentukan sendiri dengan cara melihat gambar, bukan diukur oleh orang lain. Bersifat rahasia, hanya diketahui yang bersangkutan dengan petugas kesehatan”, kata dr. Jane.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Beberapa waktu belakangan ini, media ramai membicarakan “Buku Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Lanjutan” yang disebut-sebut sebagai “Kuesioner Alat Ukur Kelamin” yang sebenarnya tidak tepat, karena isian yang dimaksud bukan berupa lembaran kertas yang menanyakan ukuran atau bentuk kelamin saja, melainkan berupa buku yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan remaja secara umum.

Penjaringan kesehatan dilakukan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang ditemukan pada peserta didik, untuk segera dapat dilakukan tindak lanjut. Berbeda dengan sebuah penelitian, bahwa output yang dihasilkan adalah berupa data, tidak berfokus pada upaya tindak lanjut terhadap masalah kesehatannya. Penjaringan kesehatan bersifat sebagai pelayanan yang diperuntukkan bagi seluruh anak sekolah lanjutan di seluruh Indonesia.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui hotline 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat e-mail kontak@depkes.go.id. (Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya