Ketua MK Akil Mochtar Pernah Jadi Loper Koran

Ketua MK Akil Mochtar.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Muhammad Adimaja

VIVAnews - Keluarga besar kaget Akil Mochtar ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus suap, Rabu malam, 2 Oktober 2013. Mereka tidak percaya, orang yang selama ini dinilai baik dan sering membantu ekonomi keluarga, terjerat kasus korupsi.

Marta (70 tahun), ibu mertua Akil, Jumat 4 Oktober 2013 menuturkan, sangat sedih mendengar kabar Akil ditangkap KPK. Marta dan keluarga besarnya tinggal di Kelurahan Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Saya tahu dari keluarga yang lain bahwa anak saya ditangkap KPK," ucapnya saat berbincang dengan VIVAnews.

Mendengar kabar itu, Marta mengaku tubuhnya langsung lemas, bergetar. Karena tak yakin, menantunya itu berbuat sesuatu yang memalukan.

"Akil itu anaknya baik sekali, banyak bantu keluarga emak (ibu) di sini. Selama mengenalnya tidak ada tingkah yang aneh-aneh dilakukannya," ucapnya.

Akil, kenang Marta, adalah anak pribumi yang selalu ingat kampung halaman. Saat pulang kampung, Akil juga pasti menyambangi rumah mertuanya itu dan bersilaturahmi dengan sahabat-sahabatanya di sana.

Marta berharap, Akil diberi kekuatan agar bisa melalui kasus hukum yang menjeratnya. "Dengan kasus yang menimpanya ini bisa membuat dia kuat, tabah dan Tuhan bisa melindungi dirinya dari hal-hal yang tak diinginkan."

Sementara itu, Rusni Ramli, saudara ipar Akil Mochtar mengatakan, tidak percaya Akil melakukan tindak pidana korupsi. Dia mengenal Akil sebagai sosok yang baik dan berintegritas tinggi.

"Karena saya tahu sekali Akil itu orangnya bagaimana. Mulai dari kecil sampai sukses, dia orangnya mandiri. Karena orang tuanya pegawai kecil waktu itu," katanya.

Rusni pun menceritakan kisah hidup Akil Mochtar waktu kecil. Akil kecil tinggal bersama orang tuanya di RT 01 RW 02 Kampung Prajurit, Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya, sejak kecil hingga saat ini, Akil orang yang mandiri dan tak pernah berpangku tangan pada orang lain. "Dalam meniti karir, dia ini orangnya tidak neko-neko, apa adanya," katanya.

Akil juga dikenal sebagai sosok yang rajin, berjiwa sosial dan patuh pada orangtua. Bahkan Akil, kata Rusni, juga pernah menjadi pengantar koran atau loper koran di masa kecilnya.

Soal pergaulan, Akil dikenal bersahaja, tidak mengenal strata sosial. Sehingga karakter itu yang membuat bangga masyarakat Kapuas Hulu memiliki Akil Mochtar, apalagi keluarga.

Meski begitu, jika memang Akil terbukti bersalah dalam kasus dugaan suap sengketa pilkada, Rusni menyarankan Akil Mochtar untuk mundur saja dari Ketua MK.

"Dia harus gentlemen mundur jika itu benar, karena jabatan hanya amanah saja," ucapnya.

Rusni meminta Akil untuk tabah dalam menghadapi masalah ini, karena keluarga tetap memberikan dukungan dan semangat terhadap suami dari Ratu Rita itu.

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Akil Mochtar merupakan Doktor Ilmu Hukum Universitas Padjajaran. Dia menamatkan S1 di Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti Pontianak dan S2 Magister Ilmu Hukum universitas Padjajaran Bandung.

Sebelum menjabat sebagai Hakim Konstitusi, Akil adalah anggota DPR RI dari Fraksi Golkar. Dia pernah menjabat Wakil Ketua Komisi III DPR (bidang Hukum, perundang-undangan, HAM dan Keamanan) periode 2004-2006.

Sejak muda, Akil sudah bergelut di dunia organisasi. Dia pernah menjadi Ketua OSIS SMA Muhamadiyah Pontianak, menjadi Ketua Ikatan Pelajar Muhamadiyah Pontianak. Dia juga pernah bergabung dalam Pelajar Islam Indonesia.

Akil juga pernah jadi Ketua Alumni SMA Muhamadiyah Pontianak, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Univ. Panca Bhakti Pontianak, Komandan Batalyon E Resimen Mahasiswa (Menwa) UPB. (eh)

Jhon LBF bos kaya raya

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

Seperti diberitakan sebelumnya, Arif Edison dituding sebarkan data pribadi Jhon LBF dan Sabar L Tobing ke publik.  Terkait vonis yang telah dijatuhkan kepada Arif Edison.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024