Khofifah: Sulit Berjuang Tanpa Uang di Negeri Ini

Khofifah, Soekarwo, dan Saifullah Yusuf.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan

VIVAnews – Khofifah Indar Parawansa merasa tidak puas dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonannya ihwal perselisihan hasil Pilkada Jawa Timur 2013.

Cagub Jawa Timur itu menilai demokrasi masih sulit ditegakkan. “Kayaknya sulit berjuang tanpa uang di negeri ini. Saya Insya Allah akan terus berjuang untuk menegakkan demokrasi, keadilan, kebenaran, dan kejujuran di negeri ini semampu saya,” ujar Khofifah usai sidang di Gedung MK, Senin 7 Oktober 2013.

Khofifah menilai banyak keterangan saksi dari pihaknya yang diabaikan MK. Khofifah menuding Soekarwo memanfaatkan jabatan untuk menggunakan APBD Jatim guna memenangkan pilkada. Hal itu terlihat dari peningkatan jumlah anggaran belanja Pemprov Jatim.

Peningkatan anggaran belanja itu misalnya untuk program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) dan program bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). “Yang di-introduce melalui pemberian hibah terutama melalui Jalin Kesra. Kami sudah menyampaikan saksi fakta rekanan pengadaan, dan menyampaikan bahwa pada saat penyerahan bantuan itu dinaslah yang mengintrodusir. Dinas bahkan menyampaikan berulang-ulang semacam doktrin: ini bantuan dari Pakde (Soekarwo),” kata Khofifah.

Khofifah mengatakan tak akan mundur memperjuangkan keyakinannya. “Keadilan ini harus ditegakkan, tidak bisa ditegakkan dengan sendirinya. Saya akan terus berjuang semaksimal mungkin sejauh yang bisa saya lakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Soekarwo bersyukur dengan putusan MK yang memenangkan pihaknya. “Semua saya serahkan kepada hukum. Demokrasi berbanding lurus dengan hukum. Dari fakta hukum jadi keputusan, ini yang berjalan,” ujar Soekarwo.

Pasangan Soekarwo, Saifullah Yusuf, mengatakan putusan MK harus dihormati. “Majelis Hakim sudah buat keputusan. Pakde Soekarwo akan akomodasi visi, misi, dan aspirasi semua calon. Mari bersama-sama membangun Jawa Timur,” kata dia.

Baca juga:

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024