Cuaca Bali Sangat Panas, Ini Penyebabnya

Gerbang Tol Ngurah Rai Bali
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Jika Anda sedang berada di Bali pasti merasakan panas yang teramat sangat. Meski terbilang normal, namun cukup menganggu aktivitas sehari-hari.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Situasi ini terjadi sejak tiga hari belakangan. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Wilayah III Denpasar, Wayan Suardana menjelaskan, saat ini matahari tengah bergerak ke arah selatan. Adapun posisi geografis matahari tepat berada di atas Pulau Bali.

"Makanya Bali mendapat pemanasan lebih lama dari biasanya," kata Suardana kepada VIVAnews, Sabtu 19 Oktober 2013.

Pemanasan permukaan Bali semakin menjadi manakala terjadi penguapan air pembentukan awan. "Itu juga menjadi penyebab. Jadilah Bali begitu panas seperti yang kita rasakan," ujarnya

Menurut dia, situasi ini lumrah terjadi setiap tahunnya. Suhu cuaca masih di batas normal yakni 32 derajat celcius. "Ini normal meski panas menyengat. Ini juga namanya angin timur kering," jelas Suardana.

Meski panas hampir merata di seluruh Pulau Dewata, namun di beberapa daerah terjadi awan tumbuh aktif. Misalnya di daerah Bedugul, Tabanan dan Kintamani, Bangli.

Dia menambahkan, kondisi panas menyngat ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan, sebelum memasuki musim pengujan pada November mendatang. (adi)

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024