Sudi Tantang Nazaruddin Buktikan Keterlibatannya di Hambalang

Sudi Silalahi
Sumber :
  • Antara
VIVAnews - Setelah Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, kini giliran Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi yang meradang gara-gara tudingan Muhammad Nazaruddin soal menteri yang kerap ikut campur dalam proyek e-KTP dan pembangunan pusat olahraga di Hambalang, Bogor. Inisial menteri itu, menurut Nazar, adalah SS. 
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Sudi langsung merespons tuduhan Nazar tersebut dengan menggelar konferensi pers di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa malam, 22 Oktober 2013. Dia menyatakan siap dimintai keterangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.
Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

"Saya siap. Tapi kalau nggak ada data, nggak ada indikasi awal, untuk apa? Jangan saya jadi pesakitan, walaupun tidak ada tapi nama saya dikait-kaitkan dengan itu, untuk apa? Tapi kalau ada data, apa datanya? Faktanya apa? Kapan saya komunikasi masalah hal itu? Kepada siapa?" tantang Sudi.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Sudi menegaskan dirinya sangat mendukung upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Menurutnya, selama ini jajaran kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selalu kooperatif dengan lembaga antirasuah itu.

"Silakan tunjukkan bukti kalau memang ada. Kalau saya merasa tidak pernah ada apapun yang saya lakukan tentang e-KTP atau Hambalang. Saya berani jamin," kata dia menegaskan.

Sudi menilai ada agenda tersembunyi dibalik aksi tuding yang dilakukan mantan Bendahara Partai Demokrat itu. Sebab, bukan hanya Sudi saja yang jadi sasaran Nazar.

"Ya barangkali. Karena ini bukan hanya kepada saya dia lemparkan. Kepada mendagri juga, ke yang lain-lain juga. Banyak sekali sembarangan ngomong dia lontarkan. Nggak tahu kalau apa yang disampaikan kepada saya, saya yakini nggak ada data, faktanya pun nggak ada," kata dia.

Seperti diberitakan, Nazar mengungkapkan seorang menteri berinisial SS kerap ikut campur dalam proyek e-KTP dan pembangunan pusat olahraga di Hambalang, Bogor. Menurut dia, menteri itu intervensi agar surat pengajuan anggaran tahun jamak disetujui di proyek e-KTP dan Hambalang. 

“Menteri itu suka marah-marahin. Menteri SS,” ujarnya. Bos Grup Permai itu tidak menjelaskan lebih lanjut siapa menteri berinisial SS yang ia maksud. Nazar langsung masuk ke ruang pemeriksaan, Selasa pagi 22 Oktober 2013.  (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya