Damaikan Konflik Keraton, Besok Raja Solo Dikirab

Kemelut Keraton Surakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Betha

VIVAnews - Sempat mundur, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan kirab Mangayubagya Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono XIII Hangabehi, akan dilaksanakan besok, Selasa 29 Oktober 2013. Selain diikuti raja dan Mahapatih KGPH PA Tedjowulan, kirab juga akan dihadiri ribuan masyarakat Solo.

Sebelumnya, kirab sang raja tersebut telah diagendakan Pemkot Solo pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2013. Hanya saja, pihak Pakubuwono XIII Hangabehi meminta untuk diundur selang satu hari berikutnya atau Selasa besok.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Permintaan tersebut disetujui Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. "Kepastian pelaksanaan kirab ditetapkan menjadi Selasa besok. Nanti, kirab akan dilakukan antara pukul 14.00-15.00 WIB," kata dia di Balaikota Solo, Senin 18 Oktober 2013.

Rencananya, kirab akan dimulai dari halaman Balaikota Solo menuju kediaman sang raja, Sasana Narendra. "Sinuhun akan dikirab dari balaikota menuju tempat tinggalnya di keraton, di Sasana Narendra. Ke Sasana Sewaka kalau ada Jumenengan maupun Wiyosan," ujar dia.

Sementara itu, terkait adanya pihak yang menentang pelaksanaan kirab tersebut, Wali Kota mengatakan, akan terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan mereka. Dalam hal ini, pihak yang menentang prosesi kirab adalah Dewan Lembaga Adat.

"Kemarin, Pak Kasno (Ketua DPRD Solo) sudah melakukan pertemuan dengan Gusti Puger. Pertemuan itu sebagai tindak lanjut hasil rapat Muspida. Harapannya, supaya hasil rapat itu bisa disampaikan Gusti Puger kepada para kerabatnya," paparnya.

Jumlah masyarakat yang ambil bagian dalam kirab tersebut diperkirakan mencapai 5.000 orang. (one)

Sakit pinggang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sakit leher dan sakit pinggang kerap dikeluhkan oleh pekerja kantoran. Beberapa penyebabnya di antaranya terlalu banyak duduk, terlalu banyak menatap layar komputer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024