Upah Layak Jurnalis Versi AJI

Wartawan Penuhi Ruangan Komisi III
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, telah melakukan survei kebutuhan hidup layak untuk para wartawan di Jakarta. Setelah menghitung berbagai kebutuhan, AJI Jakarta menetapkan upah untuk jurnalis tingkat reporter adalah Rp5,7 juta per bulan.

Menurut Ketua AJI Jakarta, Umar Idris, besaran upah tersebut dipandang dapat memenuhi kebutuhan hidup layak para reporter di Jakarta pada 2014.

"Besaran upah layak ini kami peroleh dengan perhitungan dan analisis terhadap 39 barang dan jasa menyangkut kebutuhan hidup layak bagi seorang jurnalis di Jakarta," kata Umar dalam siaran persnya, Minggu 3 November 2013.

Komponen yang mengambil porsi terbesar adalah makanan sebesar Rp2,1 juta per bulan. Sementara komponen lainnya adalah kebutuhan penunjang tugas jurnalistik sebesar Rp1,5 juta per bulan. Sisanya adalah kebutuhan tempat tinggal dan sandang.

Karena itu, kata Umar, AJI Jakarta mengimbau perusahaan media dan organisasi perusahaan media cetak, online, radio dan televisi untuk menjadikan upah layak ini sebagai acuan dalam memberikan upah minimal kepada jurnalis setingkat reporter, dengan pengalaman kerja satu tahun dan baru saja diangkat menjadi karyawan tetap.

Faktanya, hingga saat ini, dalam survei yang diselenggarakan AJI Jakarta, sebagian besar media masih memberikan upah yang jauh di bawah upah layak kepada para reporternya. Ini terjadi di media cetak, online, radio dan televisi. Dalam survei upah jurnalis, rata-rata upah reporter di Jakarta di kisaran Rp3 juta per bulan.

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

Menurut Umar, tingkat upah layak ini sangat penting agar jurnalis lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Dia mengatakan rendahnya upah dan rendahnya kesejahteraan jurnalis membuat profesi ini rentan terhadap godaan suap atau amplop dalam bentuk apapun.

"Kondisi ini sangat berbahaya bagi kebebasan pers karena pers dapat dikendalikan oleh kepentingan narasumber, tidak lagi mengabdi kepada kepentingan publik," ujar dia.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD
Foto ilustrasi minyak dunia

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Israel pagi ini melakukan serangan balasan ke Iran dengan meluncurkan rudal ke bandara Isfahan di Iran tengah. Hal ini pun disebut berdampak terhadap komoditas dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024