Sungai Citarum Dapat Predikat Paling Kotor dan Tercemar di Dunia

Salah satu wilayah hulu sungai Citarum Jawa Barat
Sumber :
  • Ed Wray/Getty Images
VIVAnews - Sungai Citarum di Jawa Barat menjadi 10 tempat paling tercemar di dunia berdasarkan laporan tahunan organisasi lingkungan Green Cross Swiss dan organisasi nirlaba Blacksmith Institute Internasional.
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Dalam laporan 10 Most Polluted Places in The World seperti dikutip dari laman yahoo, Sabtu 9 November 2013, juga mengatakan bahwa sekitar 200 juta orang di dunia telah terkena polusi beracun yang dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan, termasuk kanker.
Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Sungai Citarum, yang menyediakan 80 persen dari permukaan air untuk peternakan Jakarta dan mengairi daerah yang memasok 5 persen beras di Indonesia, adalah salah satu yang paling tercemar akibat limbah industri berbahaya.
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Pabrik tekstil di Bandung dan Cimahi diketahui sebagai penyumbang utama pencemaran air Sungai Citarum. Pabrik-pabrik tersebut merupakan kontributor beracun ke sungai yang juga dinilai jadi sungai terkotor di dunia pada 2007 ini.

Selain Sungai Citarum, penelitian tersebut juga melansir sungai-sungai di Kalimantan sebagai tempat yang rentan pencemaran. Pencemaran di sungai-sungai tersebut terjadi akibat adanya aktivitas pertambangan. Sehingga air sungai di Kalimantan rentan tercemar dengan merkuri.

Lihat foto-foto pencemaran sungai paling berbahaya di dunia itu di sini.
(one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya