Ini Alasan Penguin "Macet" Sampai ke Yogyakarta

pictures of the year (animal)
Sumber :
  • REUTERS/New Zealand Government-Department of Conservation/Handout
Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber
VIVAnews - Masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang akan menikmati wahana baru di Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Yogyakarta atau lebih dikenal dengan GL Zoo Yogyakarta yaitu wahana burung yang didalamnya terdapat penguin harus bersabar. Pasalnya meski telah diurus berbagai syarat untuk mengimpor burung yang hidup di kutub tersebut namun tak kunjung selesai juga.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
Direktur KRKB Gembira Loka, Djoko Tirtono, menegaskan bahwa persyaratan yang hingga kini belum dapat adalah sertifikasi instalasi karantina ikan sementara. Ikan ini hanya untuk pakan dari 6 penguin yang merupakan bantuan dari salah satu kebun binatang dari Singapura.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs
"Saat ini pemerintah Indonesia sendiri belum memiliki regulasi terkait sertifikasi karantina ikan sementara," katanya kepada Vivanews.com.

Menurut Djoko, jenis ikan untuk pakan pinguin adalah ikan caplein, herring dan smelt. Pakan ikan dan 6 burung penguin sendiri oleh kebun binatang di Singapura juga diberikan secara gratis kepada GL Zoo Yogyakarta.

"Kalau ijin mendatangkan penguin sudah tak masalah. Yang masalah hanyalah semata-mata pakan dari burung penguin itu yang regulasi di Indonesia belum ada," ujarnya.
 
Pakan pengiun yang dikirim ke Indonesia kata Djoko harus sesuai dengan regulasi di Singapura sebagai pihak pemberi donor, agar burung penguin dapat hidup dengan sejahtera dan tidak penyakitan.

"Jadi ikan atau pakan yang datang ke Indonesia harus benar-benar bebas dari penyakit. Ikan harus tersimpan didalam es dengan suhu minus 20 derajat sehingga ikan itu seperti terbungkus es batu. Ketika akan diberikan makan kepada penguin maka harus dihangatkan hingga suhu 8 derajat dengan cara diangin-anginkan dengan kipas angin. Setelah itu baru diberikan pakan itu kepada penguin," ujarnya.

Lebih lanjut Djoko menyatakan untuk menyiapkan kedatangan 6 burung penguin bantuan kebun binatang di Singapura, manajemen GL Zoo Yogyakarta mengeluarkan anggaran hampir Rp 1,2 milyar untuk pembuatan tempat tinggal penguin hingga isntalasi lainnya yang sangat berbeda dengan jenis burung lain.

"Meski hanya 6 burung penguin namun isntalasi untuk memelihara dan memberi makan butuh biaya yang sangat tinggi," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya