Kapolri: Penunjukan Kabareskrim Tak Lagi Berdasarkan Senioritas

Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Suhardi Alius Mengunjungi Redaksi VIVA.co.id
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif
– Kapolri Jenderal Sutarman, Senin 25 November 2013 menyatakan ia dan Dewan Kebijakan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri tidak lagi menggunakan parameter lulusan angkatan atau senioritas dalam mengangkat seorang anggota sebagai Kepala Badan dan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

“Kami tidak lagi melihat angkatan, tetapi integritas, kompetensi, serta pengalaman lain. Oleh sebab itu Wanjakti memutuskan menunjuk Irjen Pol Suhardi Alius menggantikan saya sebagai Kabareskrim,” kata Sutarman di Mabes Polri usai upacara pemberangkatan Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) Indonesia IV Polri ke Sudan dalam misi perdamaian PBB.
Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan


Sutarman mengatakan, Inspektur Jenderal Suhardi Alius yang diangkat sebagai Kabareskrim Mabes Polri adalah lulusan angkatan Polri 1985. Hal itu di luar tradisi yang selama ini ada di lingkungan Polri. “Kami tidak lagi sesuai angkatan (dalam mengangkat pejabat di lingkungan Polri). Kalau saya melihat angkatan, tentu angkatan 1981 yang saya tunjuk,” ujarnya.


Dalam surat telegram rahasia tertanggal 24 November 2013, Kapolri juga memutasi Kapolda Nusa Tenggara Barat Brigadir Jenderal Mochamad Iriawan. Dia diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Suhardi Alius.


Sementara itu, Brigadir Jenderal Moechgiarto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur diangkat menjadi Kapolda NTB. Pengganti Brigjen Moechgiarto yakni Komisaris Besar Suprodjo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan.


Selanjutnya, Komisaris Jenderal Imam Sudjarwo yang menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri dalam rangka pensiun. Penggantinya adalah Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam. Irjen Anton sebelumnya menjabat sebagai Assarpras Kapolri.


Kapolri juga memutasi Inspektur Jenderal Tubagus Anis Angkawijaya yang menjabat sebagai Kadiv TI Polri. Dia diangkat menjadi Assarpras Polri.


Di lingkungan Polda Metro Jaya, Kapolri memutasi Komisaris Besar Slamet Riyanto yang menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Dia diangkat menjadi Wakapolda Jambi. Sementara Komisaris Besar Heru Pranoto yang sebelumnya menjabat sebagai analisis kebijakan madya bidang Binmas Baharkam Polri diangkat menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya