NASIONAL

Kasus Suap MK, Bupati Lebak Terpilih Diperiksa KPK

Ada dugaan suap di balik sengketa gugatan pilkada di MK.

ddd
Senin, 25 November 2013, 11:19 Eko Priliawito, Taufik Rahadian
Demo Akil Mochtar
Demo Akil Mochtar (ANTARA FOTO/Andika Betha)
VIVAnews - Bupati Lebak terpilih, Iti Octavia Jayabaya, mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin 25 November 2013. Dia akan menjalani pemeriksaan terkait dugaan suap sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.

"Mungkin terkait Susi Tur Andayani itu, kami dimintai keterangan kelanjutan sidang di MK. Karena hasil pilkada Ulang ini harus dilaporkan ke MK. Mungkin terkait itu," ujar Iti, saat memasuki Gedung KPK.

Dia menuturkan tahu dari media massa bahwa ada dugaan suap di balik sengketa gugatan pilkada di MK. Dia menampik ketika ditanyakan apakah dirinya diminta uang oleh Akil Mochtar.

"Oh tidak. Karena hasilnya Kabupaten Lebak sudah cukup bagus ya. Teman-temen bisa lihat bagaimana perkembangannya dan juga hasilnya seperti apa," katanya.

Sebelumnya, Pasangan Amir Hamzah-Kasmin (HAK), menggugat keputusan KPU ke MK terkait hasil pilkada yang dimenangkan pasangan Iti Octavia-Ade Sumardi (IDE). MK mengabulkan gugatan, dan memerintahkan KPU menggelar Pilkada Lebak diulang di seluruh TPS.

Selain itu, MK juga membatalkan keputusan KPU Nomor 40/Kpts/KPU.Kab./015.436415/IX/2013 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara, serta membatalkan keputusan KPU Nomor 41/Kpts/KPU.Kab./015.436415/IX/2013 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pilkada Lebak 2013-2018.

Kemenangan pasangan IDE pada pilkada itu karena MK menganggap telah terjadi kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif dalam pelaksanaan Pilkada Lebak pada 31 Agustus 2013. Objek materi kecurangan yang diajukan pemohon pasangan HAK juga mencapai 72 item.

Sebelum sengketa Pilkada Lebak masuk ke meja MK, KPU setempat resmi menetapkan pasangan Iti Oktavia-Ade Sumardi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lebak periode 2013-1018. Iti merupakan anak Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya. Penetapan itu ditentukan dalam rapat pleno KPU pada 8 September 2013.

Pasangan Iti ini mengalahkan dua calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah-Kasmin dan pasangan Pepep Faisaludin-Aang Rasidi. Iti Oktavia (anggota DPR dari Partai Demokrat)-Ade Sumardi (Ketua DPC PDIP Lebak), diusung oleh Partai Demokrat, PDIP, Hanura, Gerindara, PPP, PKS, PPNU.

Keduanya meraih suara terbanyak yaitu 407.156 suara (62,37 persen). Sedangkan suara Amir Hamzah (Wakil Bupati Lebak saat ini atau calon incumbent) - Kasmin, yang didukung Partai Golkar meraih 226.440 suara (34,69 persen). Terakhir pasangan Pepep Faisaludin - Aang Rasidi, yang maju dari perseorangan meraih suara sebanyak 19.163 (2,94 persen).


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com