Di Desa Ini Lima Anak Muda Dipasung

Ilustrasi pemasungan
Sumber :
  • ANTARA/ Muhammad Deffa
VIVAnews
Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri
– Ahmad Toli, 35 tahun, warga Pecoro, Bangsalsari, Jember, Jawa Timur, tak bisa berbuat apa-apa. Selama 25 terakhir hidupnya harus dipasung di belakang rumah.

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Murtiah, ibu kandung Toli, mengaku terpaksa merantai anak keempatnya ini karena kerap ngamuk. Kemiskinan memuatnya tak sanggup membiayai berobat ke dokter jiwa. "Anak saya ini suka sekali mengamuk," katanya.
Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi


Di Desa Pecoro tak cuma Toli yang bernasib tragis. Empat anak-anak lainnya juga bernasib sama. Tak jauh dari rumah Toli, Muhammad Yasin, 23 tahun, juga sudah tujuh tahun hidup dipasung. Ia bahkan lebih tragis lagi karena tinggal di kandang sapi.


"Saya kewalahan kalau Yasin marah, bahkan pernah akan menclurit saya," kata Misti, ibu kandung Yasin. Menurutnya Yasin sakit mental setelah sapi kesayangannya mati. Yasin kini sangat kurus.


Lalu, 200 meter dari rumah Toli dan Yasin ada Mursidi yang bernasib sama. Pemuda 27 tahun ini dipasung dengan kayu dan dirantai.


Mursidi dipasung karena sering mengejar dan menghajar orang hingga babak belur. Menurut Sumiyati, ibu Mursidi, anaknya terganggu mentalnya setelah mendalami ilmu. Mursidi menganggap dia syeih dan habib. "Saya tersiksa sekali," kata Mursidi kepada
ANTV.

50 Meter dari rumah mursidi, ada perempuan 16 tahun yang dipasung. Namanya Lita. Ia dipasung orangtuanya karena saat marah sering memecahkan perabotan rumah.


Menurut Suartiningsih, ibu Lita, peringai anaknya tiba-tiba berubah pasca pacarnya memutuskan siswi kelas 2 SMA ini. Lita terganggu psikologisnya akibat peristiwa itu. Lita kini tak berdaya karena kakinya diikat tali kain di ranjang kamarnya.


Kepala Desa Pecoro Musthofa Sabir mengatakan, pasung menjadi alternatif karena warga di desanya tak punya biaya pengobatan. Selain itu, pasung merupakan tradisi warga setempat yang diterapkan bagi anggota keluarga yang menderita gangguan jiwa. "Tradisi itu sudah berlangsung puluhan tahun silam," katanya.


(Laporan: Sinto Sofiadin,  ANTV Jember | umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya