NASIONAL

Dampak Tragedi Situ Gintung

Lampung Perbaiki Tiga Waduk

Bencana jebolnya Situ Gintung yang menewaskan 100 orang jadi pelajaran berharga.

ddd
Jum'at, 3 April 2009, 15:31 Elin Yunita Kristanti
Tanggul Jebol
Tanggul Jebol (ANTARA/Paramayuda)

VIVAnews - Bencana jebolnya Situ Gintung yang menewaskan 100 orang jadi pelajaran berharga. Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung akan memperbaiki tiga waduk di Lampung mulai tahun 2010 sampai 2011. Tujuannya, mencegah waduk jebol.

Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Syahrial Ahmad tiga waduk yang akan diperbaiki adalah Way Rarem Kotabumi Lampung Utara, Way Jepara Lampung Timur dan Waduk Batu Tegi Tanggamus. "Dana perbaikannya bersumber dari Bank Dunia. Secara kumulatif, nilainya mencapai US$ 70 juta atau sekitar Rp 650 miliar," kata Syahrial seperti dikutip laman Departemen Komunikasi dan Informatika, Jumat 3 April 2009.

Perbaikan Waduk Batutegi jadi prioritas pertama di tahun 2010, disusul perbaikan Waduk Way Jepara tahun 2011 dan Waduk Way Rarem tahun 2012.

Tim Dam Operation Improvement Safety Project dalam waktu dekat akan menjadi konsultan Bank Dunia terhadap pemantauan dan pensurveian waduk di Indonesia. Tim tersebut sudah pernah melakukan kegiatan tersebut pada tiga waduk di Lampung.

Namun, sampai saat ini Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung belum mendapatkan kepastian mengenai besarnya anggaran untuk merehab dan biaya OP Waduk Batutegi. "Kami berharap dana tersebut dapat membenahi seluruh waduk di Indonesia. Sehingga tragedi Situ Gintung, tidak terulang kembali," kata Syahrial.

Tragedi Situ Gintung terjadi pada Jumat 27 Maret 2009. Hingga hari ini sudah 100 orang ditemukan tewas dan 250 rumah rusak parah. Menurut data dari posko utama korban hilang hanya tinggal 14 orang.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com