Daftar Wilayah Rawan Bencana di Yogyakarta

Tiga Perumahan Terendam Banjir di Tangerang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Hujan deras terjadi di sejumlah wilayah di Yogyakarta, sepanjang pekan ini. Kabupaten Bantul, sebagai daerah paling Selatan, merupakan wilayah paling rawan banjir saat hujan intensitas tinggi ini.

Melihat kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir dan tanah longsor.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

"Masyarakat harus mampu mengenal karakteristik wilayah masing-masing. Dengan begitu akan tercipta masyarakat sadar bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto, Rabu 11 Desember 2013.

Menurut Dwi, status siaga bencana juga untuk mengingatkan masyarakat bahwa Bantul termasuk daerah rawan bencana seperti banjir, badai, hingga gempa bumi.

Dwi memastikan pos-pos siaga bencana sudah terbentuk. Komunikasi antarpos juga sudah memadai. "Pos-pos ini dikendalikan Pusat Pengendali Operasi untuk menyiarkan perkembangan cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah," katanya.

BPBD Bantul mensosialisasikan kawasan rawan bencana. Setidaknya, ada enam kecamatan yang rawan yaitu Pleret, Dlingo, Sewon, Banguntapan, Piyungan, dan Kasihan.

Pleret rawan angin kencang, karena hamparan pertanian sangat luas. Dlingo rawan longsor karena perbukitan, serta Sewon, Banguntapan, Piyungan, dan Kasihan merupakan wilayah rawan banjir. (asp)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024