Guru Sering Telat, Orangtua Murid Demo Sekolah di Aceh

Ilustrasi guru mengajar.
Sumber :
  • 108jakarta.com
VIVAnews -
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
Belasan orangtua siswa menggelar aksi protes di depan SD Negeri Penaga Cut Ujong, Meurebo, Aceh Barat, Aceh, Rabu pagi 11 Desember 2013. Mereka protes gara-gara sejumlah guru di sekolah itu tidak disiplin dan sering terlambat ke sekolah.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Dalam aksi protesnya, para orangtua murid itu menuntut perbaikan kinerja dan disiplin para guru di sekolah ini. Orangtua sempat terlibat adu mulut dengan para guru yang sudah ada di halaman sekolah. Tak hanya itu, orangtua juga menahan guru-guru yang terlambat datang di luar sekolah.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku


Salah satu pendemo, Aminah mengungkapkan, sejumlah guru di sekolah itu bukan hanya sering terlambat. Para guru itu juga sering memulangkan murid-muridnya lebih cepat dari jam sekolah. Bahkan, ada guru yang tidak masuk di jam-jam terakhir sehingga murid pun pulang jauh lebih cepat.


"Guru tidak disiplin ini merembet ke siswa. Siswa ini jadi malas datang pagi-pagi ke sekolah meski jam belajar sudah mulai," kata Aminah. Jangka panjang, siswa sekolah ini tidak akan bisa bersaing dengan sekolah lain. Sehingga, imbuhnya, para orangtua murid meminta pengelola SD tersebut membenahi disiplin para guru.


Sementara itu, pengelola sekolah menyebut, para guru itu terlambat masuk karena jarak rumah mereka jauh dari sekolah. Beberapa guru bahkan ada yang tinggal di kabupaten tetangga, yakni Nagan Raya. Jarak rumah guru dan sekolah bisa puluhan kilometer. Pihak sekolah juga meminta Pemerintah Daerah Aceh berperan mencari solusi masalah ini.


Para orangtua kemudian membubarkan diri setelah guru-guru mengancam akan mogok kerja. (adi)


Laporan: Muhamad Roni | ANTV Aceh
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya