Daftar Kerusuhan Lapas Selama 2013

Ilustrasi kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan
Sumber :
  • REUTERS/Roni Bintang

VIVAnews - Insiden di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Batu, Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu siang 14 Desember 2013 menambah daftar kerusuhan tahanan di Indonesia. Selama 2013, sedikitnya sudah ada empat kerusuhan lapas terjadi.

Kerusuhan di LP Kota Batu bermula saat kapalas Palopo yang melakukan patroli mendapati seorang narapidana berada di luar blok tahanan. Kalapas itu kemudian menegur si napi.

Jaringan Mubaligh Muda Indonesia Apresiasi Silaturahmi Rosan ke Megawati

Tak terima, napi itu memukul kepala bagian belakang kalapas saat dia lengah. Akibatnya, kepala bagian belakang kalapas robek dan dari telinganya keluar darah. Dalam keadaan tidak sadarkan diri, kalapas langsung dilarikan ke rumah sakit.

Bersamaan dengan itu, para penghuni lain menyerang petugas dan membakar ruang registrasi dan gedung lainnya. Tidak hanya kalapas, kasi keamanan juga dilarikan ke rumah sakit karena terluka saat melakukan pengamanan di lapas. Aparat dibantu TNI dan Polri berhasil menguasai keadaan dengan mengamankan provokator dan memadamkan api.

Kerusuhan juga sebelumnya melanda lapas-lapas lain, antara lain:

Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara

Kerusuhan di lapas ini terjadi 11 Juli 2013 yang bermula dari kekesalan napi, karena listrik LP kerap padam. Puncaknya pada Kamis 12 Juli itu, listrik di LP mati sejak subuh hingga magrib ketika tiba waktu berbuka puasa.

Untuk diketahui, suplai air di LP tersebut menggunakan sumur bor yang memerlukan listrik. Saat listrik mati, otomatis penghuni LP tak punya suplai air bersih.

Para napi yang kesal lantas meledakkan tabung gas di dalam LP dan membakar gedung.

Tim Hukum Amin Harap Hakim MK Kedepankan Hati Nurani Adili Sengketa Pemilu 2024

“Ini semua karena PLN suka-suka hati melakukan pemadaman listrik yang buat kami susah. Ini Medan, jangan suka-suka hati berbuat yang merugikan masyarakat. Tidak ada bedanya kebrengsekan itu dengan kami yang sudah jadi sampah masyarakat,” kata seorang napi.

Dalam insiden ini lima orang tewas, 240 napi kabur, dan sebagian bangunan lapas hangus dilalap api. Sebagai catatan, kapasitas lapas ini hanya 1.095 narapidana. Namun, saat kerusuhan terjadi, ada lebih dari 2.500 napi yang menghuni lapas tersebut.

Lapas Labuhan Ruku, Sumatera Utara
Minggu 18 Agustus 2013, ratusan napi mengamuk dengan merusak dan membakar fasilitas Lapas Labuhan Ruku. Salah satu pemicu kerusuhan diduga kekecewaan mereka atas pemberian remisi yang dianggap tidak merata, serta adanya pungutan liar yang dilakukan sipir.

Penyebab lain kerusuhan adalah pemindahan 49 napi dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku pada 17 Agustus 2013.

Akibat insiden ini, 30 napi kabur. Sama seperti Tanjung Gusta, lapas ini pun kelebihan kapasitas. Dengan daya tampung hanya 300 napi, LP Labuhan Ruku dihuni 867 orang.

Lapas Sintang, Kalimantan Barat

Kerusuhan pecah di LP Klas II B Sintang, Kalimantan Barat, Rabu pagi 25 September 2013. Akibatnya, seorang polisi terluka.

Kerusuhan muncul pertama kali pada pukul 09.10 WIB. Polisi lalu memblokade lapas yang terletak di Jalan DR Wahidin Sudiro Husodo itu. Sejumlah titik dijaga lebih ketat untuk mencegah napi kabur.

Suara riuh penghuni terdengar keras hingga ke luar lapas. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalbar, Budi Santoso Rahman, mengungkapkan, kericuhan itu muncul karena napi menolak saat akan dites urine. (art)

Eskalasi Meningkat, Kemlu Minta WNI di Timur Tengah Waspada Perang Iran-Israel
pemain manchester city merayakan gol

Bantai Luton, Manchester City Tendang Arsenal dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Manchester City menang besar saat menjamu Luton dalam laga lanjutan Premier League 2023/2024 di Stadion Etihad, Sabtu 13 April 2024. Arsenal digusur

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024