KPK: Jaksa dan Pengusaha Ditangkap Di Hotel, Ada Uang Ratusan Juta

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - KPK menangkap tangan seorang oknum jaksa dari kejaksaan negeri Praya, Nusa Tenggara Barat, dan seorang pengusaha wanita pada Sabtu malam kemarin. Keduanya ditangkap tangan di sebuah hotel di Lombok dengan uang senilai ratusan juta rupiah.

Wakil Ketua KPK bidang penindakan Bambang Widjojanto dalam pengungkapan kronologisnya mengatakan bahwa keduanya ditangkap pukul 19.14 wIT, Sabtu 14 Desember 2013. Oknum kejaksaan tersebut berinisial SUB, kepala Kejaksaan Negeri Praya, dan seorang pengusaha swasta berinisial LAR.

"Apa yang sedang dilakukan di sebuah hotel, sebaiknya tidak untuk konsumsi publik," kata Bambang.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindakan penyuapan. Dalam operasi tangkap tangan (OTT) kemarin. Juga disita sejumlah uang dalam bentuk dolar Amerika dan rupiah. Dalam dolar pecahan US$100 total jumlahnya US$16.400 (Rp190 juta) dan Rp23 juta.

Dalam pemeriksaan 1x24 jam, tim penyidik KPK menemukan bukti yang cukup telah terjadi korupsi dan pemberian suap atau hadiah dari LAR kepada SUB.

"LAR diduga menerima suap atas pengurusan perkara tindakan pidana umum pemalsuan dokumen sertifikat tanah di wilayah Lombok Tengah," lanjut Bambang.

Kasus ini terungkap berkat aduan masyarakat. Bambang mengatakan bahwa kontrol publik sangat penting sebagai bagian membangun proses penegakan hukum yang lebih baik.

"Tidak ada lagi tempat bagi oknum, siapapun, termasuk penegak hukum dan KPK, bila kedapatan diduga melakukan tindak pidana korupsi," kata Bambang.

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024