Jalur Selatan Jawa Putus Akibat Banjir Purworejo

Tiga Perumahan Terendam Banjir di Tangerang
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Intensitas hujan yang tinggi membuat belasan kecamatan di Purworejo, Jawa Tengah, terendam banjir sejak Sabtu malam, 28 Desember 2013. Ratusan hektare sawah juga rusak akibat terendam air banjir. Wilayah yang cukup parah diterjang banjir adalah Kecamatan Kutoarjo, Pituruh, Kemiri, Bagelen, Purwodadi, Bruno, banyuurip, Bayan dan Purworejo.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Akibat banjir, jalan raya yang menghubungkan Purworejo dan Kebumen yang berada di Kecamatan Butuh, tak bisa dilalui. Antrean kendaraan terjebak macet lebih dari lima jam mengular. Banjir yang memutus jalur selatan Jawa Tengah ini sudah terjadi sejak Sabtu lalu.

Hingga Senin siang, 23 Desember 2013, posko penanganan banjir dan tanah longsor di Kabupaten Purwerejo mendata ada 3.929 warga yang mengungsi. Bertambahnya pengungsi yang semula 3.617 jiwa kebanyakan berasal dari Desa Harjobinangun yang mencapai 150 jiwa dan Desa Nambangan sebanyak 162 jiwa.

Disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, diperkirakan jumlah pengungsi akan berkurang seiring makin surutnya banjir. Dia juga memastikan bahwa persediaan logistik cukup untuk empat hari ke depan.

Akses jalan yang sempat terputus di kecamatan Butuh (perbatasan Purworejo-Kebumen), sudah lancar dua arah. Sebagian besar air yang merendam 53 desa sudah surut.

"Distribusi logistik ke titik-titik pengungsi berjalan lancar. Evakuasi terhadap korban terdampak banjir sudah dilakukan. Pertolongan pada korban dilakukan dengan membuka dapur umum," katanya.

Hari ini telah dikeluarkan Surat Keputusan Tanggap Darurat oleh Bupati Purworejo yang berlaku sejak 20 Desember 2013 hingga 3 Januari 2014, dengan Komandan Tanggap Darurat Kalak BPBD Purwokerto.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan kejadian banjir dan longsor. Karena puncak hujan baru akan terjadi pada Januari hingga Februari 2014.
"Sebelumnya Deputi Penanganan Darurat BNPB bersama BPBD se Jateng telah malakukan rapat koordinasi antisipasi banjir dan longsor," kata Sutopo lagi.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024