Presiden SBY Gelar Rapat Tertutup di Tenda Pengungsian Sinabung

Presiden meninjau pengungsi korban letusan Gunung Sinabung
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis malam 23 Januari 2014, menggelar rapat tertutup dengan sejumlah menteri dan kepala daerah Sumatera Utara serta Pemkab Karo. Rapat ini membahas penanganan pengungsi Sinabung. Salah satu materi pembahasan adalah menentukan apakah erupsi Sinabung dapat dikategorikan sebagai bencana nasional serta langkah-langkah penangangan komprehensif yang harus segera dilakukan.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Rapat tertutup yang dipimpin Presiden SBY itu berlangsung di salah satu tenda posko pengungsi di halaman Gereja Paroki Tanah Karo, Sumatera Utara. Tampak hadir dalam rapat tersebut Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Sosial Salim Assegaf Al-Jufri, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan sejumlah menteri lainnya. Turut hadir pula Panglima TNI Moeldoko, Kapolri Sutarman, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, dan Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti.
Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal


Butir-butir pembahasan pada rapat tertutup ini diperkirakan tidak jauh dari apa yang sudah diutarakan Presiden SBY kepada media siang tadi di salah satu lokasi pengungsian di Sinabung. Di antaranya, pembahasan penyelamatan warga agar tidak jatuh korban jiwa akibat bencana dan bantuan kredit kepada para petani agar bisa segera kembali melanjutkan usaha pertanian mereka yang hancur akibat erupsi Sinabung yang berkepanjangan.

 

Selain itu, hal penting lainnya adalah langkah relokasi penduduk yang tinggal dalam radius 3 kilometer  dari kaki Gunung Sinabung. Karena cukup berbahaya bila kembali tinggal di kaki gunung sinabung.  Diperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan langkah-langkah tersebut dapat mencapai Rp1 triliun.

 

Presiden SBY dijadwalkan akan menginap di salah satu tenda pengungsian di halaman Gereja Paroki Kabupaten Karo Sumatera Utara dan bertolak besok pagi dari Karo sekitar pukul 8 pagi menuju Medan. (eh)


Laporan: Sadath Ardiansyah dan Joko Irawan, TvOne
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya