SBY Bertemu PM Palestina untuk Perkokoh Hubungan Bilateral

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSSĀ 
ā€“ Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima kunjungan Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah, Jumat sore 28 Februari 2014. Kunjungan ini adalah yang pertama bagi Hamdallah sejak dilantik sebagai Perdana Menteri pada Juni 2013.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Sebelum ini, Presiden Yudhoyono telah dua kali menerima kunjungan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Jakarta, yaitu pada Oktober 2007 dan Mei 2010.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping


Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Bilateral, Teuku Faizasyah, menyatakan pertemuan antara SBY dan Hamdallah akan membahas berbagai kerjasama bilateral, baik di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya.


Kedua pemimpin negara juga akan membahas perkembangan terkini di kawasan, terutama Timur Tengah. ā€œPresiden Yudhoyono akan menegaskan kembali komitmen penuh Indonesia untuk terus mendukung kemerdekaan dan kedaulatan negara Palestina,ā€ kata Faiz.


Menurut Faiz, kunjungan Hamdallah ini sangat penting bagi konsolidasi hubungan bilateral Indonesia-Palestina sehubungan dengan terbentuknya pemerintahan baru di Palestina.


Presiden SBY rencananya akan menyambut kedatangan Hamdallah dengan upacara penyambutan resmi di Istana Merdeka pukul 15.30 WIB. Usai membicarakan masalah bilateral, keduanya akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah RI dengan pemerintah Palestina. Selanjutnya, mereka menggelar pernyataan pers bersama.


Selain berkunjung ke Istana Merdeka, Hamdallah juga akan menghadiri
Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian Development
(CEAPAD) ke-2 di Jakarta. Forum ini bertujuan meningkatkan kontribusi negara-negara peserta terhadap upaya pembangunan nasional Palestina.


Dalam konferensinya kali ini, CEAPAD akan diketuai bersama oleh Palestina, Jepang, dan Indonesia. Bersamaan dengan CEAPAD ke-2, Pemerintah RI juga menyelenggarakan CEAPAD Business Forum and Trade Expo pada tanggal 1-2 Maret di Jakarta.


ā€œKunjungan resmi ini dan juga penyelenggaraan CEAPAD ke-2 di Indonesia diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan bilateral kedua negara, termasuk memperkuat langkah-langkah bersama bagi peningkatan kapasitas Palestina,ā€ kata Faiz. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya