"Goldie", Anjing Hebat yang Temukan Kotak Hitam Sukhoi

Anjing Goldie milik SAR
Sumber :
  • VIVAnews/Nila Chrisna
VIVAnews -
Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
Masih ingat peristiwa kecelakaan tragis pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Jawa Barat, Mei 2012 lalu? Kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat. [Baca]

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Tim SAR gabungan berhari-hari mencari para korban pesawat. Bahkan mereka kesulitan mencari kotak hitam yang tersembunyi di lebatnya gunung angker itu.
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK


Tetapi, seekor anjing bernama Goldie-lah yang paling berjasa menemukan kotak hitam itu. Anjing
golden retriever
ini yang melacak keberadaan kotak hitam itu.


"Dia yang menemukan
black box
Sukhoi saat ikut tim Basarnas," kata Sekretaris Jakarta Rescue, Fitriana Suprapti saat ditemui di pelabuhan Merak sebelum upacara peringatan HUT Basarnas, Rabu 5 Maret 2014.


Menurut Fitriana, Goldie sudah dilatih sejak usia satu bulan. Dia dilatih untuk pencarian khusus di darat.


"Melatihnya pertama dengan bola lama-lama dengan orang dikenal. Lalu orang tidak dikenal sampai akhirnya bisa dilepas untuk mencari orang," kata Fitria.


Anjing jantan berwarna coklat kemerahan ini berasal dari Inggris. Dia mempunyai cara khas jika menemukan apa yang dicarinya. "Dia kalau nenemukan orang yang sedang dicari kibas-kibaskan ekor dan menggonggong 20 kali," kata Fitriana.


Berbeda dengan anjing hebat lainnya. Binggo namanya. Dia adalah anjing milik Jakarta Rescue khusus untuk menyelamatkan orang yang tenggelam.


Dia pernah menyelamatkan orang tenggelam saat banjir tahun 2013 di daerah Bogor, serta ketika jembatan Ciampea roboh pada Februari 2012.


"Dia instingnya kuat, orang sedang berenang di laut atau danau juga ditolong. Padahal orangnya tidak tenggelam," kata salah satu tim Jakarta Rescue, Hera.


Jakarta Rescue sendiri memiliki 40 anjing khusus untuk mencari orang di medan berat. Jakarta Rescue dibentuk tahun 1968, dan sebagai mitra Basarnas mulai tahun 2006.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya