Diduga Menghilangkan Barang Bukti, Petinggi JIS Bisa Dipidana

OC Kaligis
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pengacara korban kekerasan seksual di TK Jakarta International School (JIS), OC Kaligis, menyayangkan sikap JIS yang tidak koperatif. Dia bahkan menduga ada upaya dari pihak JIS untuk menghalang-halangi proses hukum.

"Upaya menghalang-halangi ini pidana. Jadi kepala sekolah, direktur dan petinggi di sekolah itu bisa kena pidana," kata OC Kaligis di kawasan Fatmawati, Jakarta, Sabtu 19 April 2014.

Kaligis mengatakan, beberapa upaya dilakukan pihak JIS untuk menghalangi proses hukum di antaranya mengubah dan melakukan renovasi tempat kejadian.

Shanju Lalukan Hal Tak Terduga Saat Jonatan Christie Raih Gelar Juara All England 2024

"Sesuai hukum itu tidak boleh. Itu bagian dari upaya penghilangan barang bukti. Ini bisa digunakan di pengadilan," ungkapnya.

Sikap JIS lainnya, sebut Kaligis, adalah rencana memberhentikan para petugas office boy dari sekolah. "Ini tidak bisa. Ini upaya menghilangkan saksi. Setelah mereka diberhentikan mereka bisa menghilang," ujar pengacara senior itu.

Langkah menghilangkan saksi juga pernah dilakukan JIS pada saat pemeriksaan. Menurut Kaligis, saat itu pihak JIS hampir menyuruh semua saksi untuk pulang.

"Saya bilang tidak bisa. Akhirnya satu ditahan dan setelah penyidikan statusnya menjadi naik," bebernya.

Dia menyayangkan berbagai langkah yang dilakukan JIS sangat tertutup, dan menghindari proses hukum.

Golkar Minta 5 Jatah Menteri, Demokrat Pasrah pada Prabowo

"Ini Indonesia, bukan Amerika. Mereka harus ikut aturan di sini," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI), Lidya Freyani Hawadi, membenarkan adanya perubahan di bagian dalam sekolah usai terbongkarnya kasus pelecehan seks di TK JIS.

"Pihak sekolah menyampaikan pada kita telah melakukan perubahan dan penambahan CCTV dengan alasan untuk memperketat pengamanan," kata Lidya Freyani. (one)

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

Ribuan isu hoax di-take down sejak dimulai tahapan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024