Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu Selama 2 Jam

Jalur evakuasi merapi mengalami kerusakan
Sumber :
VIVAnews
Update Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Unggul di Maluku
- Kawasan Yogyakarta bagian utara dan wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dilanda hujan abu dari hembusan material Gunung Merapi. Wahyu warga di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY mengatakan hujan abu tipis terjadi mulai pukul 06.00 WIB hingga sekitar pukul 07.45 WIB.

Manfaatkan Suasana Ramadhan, Kemenag Mengadakan Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur'an

"Ada hujan abu namun tidak setebal ketika erupsi Gunung Kelud beberapa bulan yang lalu," katanya kepada
Pengakuan Mengejutkan dr Ingwy Alias Sunaryanto yang Ternyata Dokter Gadungan
VIVAnews , Minggu 20 April 2014


Menurutnya selain wilayah Kecamatan Turi, wilayah kecamatan Pakem yang berada di selatan Gunung Merapi juga dilanda hujan abu vulkanik. "Tadi saya telepon temen saya yang tinggal di Kecamatan Pakem ternyata juga hujan abu tipis," katanya.


Meski hanya hujan abu tipis namun jika abu vulkanik tersebut mengenai mata akan terasa pedih. "Saya tadi keluar rumah untuk ke warung sempat menggunakan masker agar tak terganggu pernafasan," ujarnya.


Cabibullah, relawan GP Ansor Kabupaten Magelang membenarkan terjadinya hujan abu selama kurang lebih 2 jam. Namun demikian hujan abu vulkanik ini hanya tipis dan tidak mengganggu aktivitas warga.


"Sekitar dua jam hujan abu berlangsung," katanya.


Menurutnya hampir semua wilayah Kabupaten Magelang bagian selatan dan sebagian kota Magelang juga dilanda hujan abu vulkanik.


"Ya ini mungkin Gunung Merapi kembali mengeluarkan gas dari dalam dan menyebabkan ada hembusan material merapi dan tertiup angin ke arah barat-utara gunung Merapi," kata Cabibullah. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya