Hujan Abu Vulkanik Merapi Lampaui Radius 50 KM

Desa Kinahrejo terletak di desa yang berada di kaki Gunung Merapi
Sumber :

VIVAnews - Letusan Gunung Merapi mengakibatkan hujan abu akhir pekan ini. Bahkan hujan abu menyebar hingga puluhan kilometer dari puncak Merapi.

Tumijan, warga Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang jaraknya lebih dari 50 kilometer dari puncak Merapi, juga merasakan hujan abu meski hanya tipis.

"Kalau tadi pagi mungkin hanya wilayah di sekitar lereng Merapi namun menjelang sore ini hujan abu juga sudah sampai daerah Bantul bagian selatan," katanya, Minggu 20 April 2014.

Pengakuan Mengejutkan dr Ingwy Alias Sunaryanto yang Ternyata Dokter Gadungan

Menurut dia, hujan abu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB ketika ada tiupan angin cukup keras berhembus ke selatan. "Kalau tadi pagi hingga siang hari memang tidak ada angin maka tidak ada hujan abu vulkanik," ujarnya

Tumijan menjelaskan, warga di sekitarnya belum menggunakan masker karena hujan abu hanya tipis. "Belum ada warga yang menggunakan masker."

Timbul, warga Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, mengungkapkan bahwa hujan abu berlangsung sejak dini hari tadi paska terjadi erupsi.
Kata dia, sampai sekarang hujan abu masih berlangsung namun berangsur-angsur tipis.

Di Sleman, saat ini warga melakukan aktivitas menggunakan masker untuk melindungi pernafasan."Tidak ada yang mengungsi meski warga mendengar suara gemuruh dan ada yang melihat muntahan api yang tampak merah dipuncak merapi," ujarnya. (ren)

Kemenag Mengadakan Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur'an

Manfaatkan Suasana Ramadhan, Kemenag Mengadakan Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur'an

Selama bulan Ramadhan, Kementerian Agama melakukan Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur'an yang merupakan bagian dari Kegiatan Standarisasi Guru Pendidikan Al-Qur'an.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024