Urus SIM/STNK Hari Ini Dilayani Polwan Cantik Berkebaya

Peringati Hari Kartini, polisi di Depok mengenakan pakaian adat
Sumber :
  • VIVAnews/Darmawan
VIVAnews - Dalam rangka memperingati hari Kartini, sejumlah Polisi Wanita (Polwan) di lingkungan Polres dan Samsat Depok memberikan pelayanan dengan gaya Raden Ajeng Kartini. Lengkap dengan kain kebaya dan konde, para Polwan cantik ini pun memberikan warna tersendiri di lingkungan Polri.
Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Ya, suasana tegang yang biasanya ada di benak masyarakat saat mendatangi kantor polisi, hari ini tampak begitu berbeda. Sejumlah warga, yang datang mengaku, lebih nyaman dan santai lantaran polisi yang biasanya memberikan pelayanan khusus hari ini, mereka tidak mengenakan seragam dinas.
Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur

"Kalau seperti ini jadi enggak kaku, kita lebih nyaman. Biasanya kan kalau datang ke kantor polisi bawaannya sudah tegang duluan," kata salah seorang warga saat mendatangi Samsat Depok, Senin 21 April 2014.
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Tak hanya itu saja, para polwan juga membagi-bagikan permen dan selebaran peringatan hari Kartini pada sejumlah warga. Bak seorang peragawati, penampilan para Polwan ini pun disambut postif sejumlah pengunjung yang hadir.

"Ya kami berharap momen ini dapat dijadikan sarana untuk lebih meningkatkan pelayanan, khususnya bagi wajib pajak yang ada di Samsat Depok," kata salah satu anggota Samsat Depok Brigadir Astu.

Senada dengan itu, Kanit Samsat Depok Ajun Komisaris Polisi Eko Bagus Riyadi menambahkan, Samsat terus berupaya membenahi pelayanan, khususnya wajib pajak.

"Kami selalu melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Dengan begitu kami berharap tingkat kesadaran warga akan meningkat seiring dengan pelayanan yang kami berikan," ujarnya didampingi Pamin STNK Samsat Depok, Iptu Dodin Awaludin.

Selain di area Samsat, peringatan hari Kartini juga dilakukan jajaran Polres Kota Depok. Sejumlah Polwan yang ada dilingkungan Polres juga terlihat menarik dengan balutan busana khas Indonesia tersebut.

Bekasi

Hal serupa terlihat di di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi Jawa Barat, hari ini Senin 21 April 2014. 

Sejak memasuki kantor yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, hingga di ruang pelayanan, seluruh petugas terlihat mengenakan pakaian adat daerah.

Petugas perempuan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah lengkap dengan kebaya dan kain jarik. Sementara yang laki-laki mengenakan pakaian adat Betawi dan Jawa Tengah. 

“Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Ini agenda tahunan di kantor Samsat Kota Bekasi, ” ujar Kepala Unit Samsat Kota Bekasi AKP Ardyaningsih, Senin 21 April 2014.

Selain untuk mengingat emansipasi yang diperjuangakan Kartini, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan sentuhan pelayanan yang berbeda kepada masyarakat.

“Lebih mendekatkan secara emosional petugas samsat dengan masyarakat,” tambah Ardyaningsih.

Tidak ada pelayanan istimewa yang diberikan kepada kaum perempuan yang mengurus surat kendaraan ke kantor Samsat Kota Bekasi. Hal itu karena, fasilitas di Samat Kota Bekasi yang tidak memungkinkan.

“Pelayanan seperti biasa, tidak ada perbedaan. Selain hari Kartini, kita juga biasa melakukan kegiatan ini di hari jadi Kota Bekasi,” katanya.

Meski pelayanan berlangsung normal, namun tidak sedikit masyarakat yang mengapresiasi kegiatan ini. 

“Kalau bisa setiap hari kayak begini. Supaya masyarakat yang mengurus surat kendaraan tidak jenuh,” kata Rizal (28) warga Harapanjaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Dalam satu hari, ada 1.200 pengurusan surat kendaraan di kantor Samsat Kota Bekasi. Jumlah itu di dominasi oleh kendaraan roda dua.

“Kendaraan roda dua terbanyak, satu hari bisa sampai 900 surat yang di urus. Kalau roda empat 300-an,” kata Kepala Unit Samsat Kota Bekasi, AKP Ardyaningsih.

Tangerang

Begitu pula yang terlihat di Samsat Kota Tangerang, Banten. Para polwan hari ini mengenakan kebaya ala kartini. Mereka sibuk memandu para pengunjung yang akan membuat SIM, mulai dari tempat pendaftaran sampai proses penyerahan SIM baru.

Menurut Tuti, warga yang tengah mengurus SIM, para polwan yang mengenakan kebaya ala kartini sangat bagus untuk melestarikan kebudayaan.

"Jangan sampai hilang ditelan zaman. Sehingga harus dilestarikan contohnya dengan menyambut hari kartini ini," ujarnya.

SPBU

Peringatan hari RA Kartini juga terlihat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

Di SPBU 31.171.01, bahkan pihak pengelola memberikan bonus kepada pemilik kendaraan yang mengisi Pertamax plus dan Pertamax dex. Mereka yang mengisi Rp200 ribu mendapatkan bonus pengisian gratis sebesar Rp20 ribu. (ita)

Laporan: Kusbaduy - tvOne Tangerang
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya