SBY Minta Pengrajin Hasilkan Produk Ramah Lingkungan

Pembukaan Inacraft 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada para produsen kerajinan tangan untuk terus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkannya.
KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Ingat, kualitas harus terjaga, dan diperlukan juga produk ramah lingkungan," kata SBY dalam sambutannya di acara The Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 23 April 2014.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Produk ramah lingkungan ini, ditekankan SBY karena jika hasil produk tidak ramah lingkungan maka tidak dapat diterima di dunia perdagangan Internasional.
Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Konon barang yang tidak ramah lingkungan tidak lolos dalam dunia perdagangan tingkat internasional. Saya minta lingkungan juga diperhatikan," kata dia.

Tak hanya soal kualitas, SBY juga meminta agar kerajinan tangan Indonesia memiliki harga yang bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

"Saya minta dari waktu ke waktu Indonesia meningkatkan harga saing, dan kualitas. Waktu itu rasanya buatan Luar Negeri bagus, buatan kita kurang bagus, tetapi dari tahun ke tahun kualitasnya sama, bahkan jauh lebih baik dibanding negara-negara manapun," lanjutnya.

SBY juga mengingatkan kepada penjual kerajinan tangan agar tidak sembarangan menjual barang dengan harga yang tinggi. "Jangan nuthuk, tahu nuthuk nggak? Misalnya, saya beli batik di siang hari harganya Rp2 juta, lalu malamnya langsung naik jadi Rp12 juta," kata dia.

Ia pun mengimbau para produsen kerajinan tangan untuk memperhatikan pasar di dalam negeri. Jangan hanya fokus untuk mengekspor produk.

"Kalau ingin menjual di negeri sendiri, pahamilah cita rasa masyarakat kita. Karena belum tentu sama cita rasa Indonesia dan internasional. Jual lah dengan harga yang baik, sehingga pengrajin juga bisa untung," tuturnya.

Menurut SBY, daya beli masyarakat terhadap kerajinan tangan ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Sehingga, memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang.

Ia juga meminta, agar ekonomi kreatif ini juga dipadukan dengan teknologi. Sehingga tak hanya mencangkup seni dan budaya. "Di Luar Negeri sudah mencangkup seni budaya dan teknologi, Indonesia harus mencontoh," ucapnya.

Dalam acara ini pula, dia mengimbau dan mengajak pemerintah untuk membantu usaha kecil menengah. "Saya sampaikan ajakan, imbauan tidak ada kaitannya dengan pilpres, pemerintah harus terus membantu usaha industri kecil menengah, jadikanlah industri kreatif ini salah satu pilar industri kita," kata dia.

Tak lupa, SBY mengajak para pengunjung industri kreatif ini untuk membeli produk-produk kerajinan tangan. "Untuk pegunjung, ojo lali loyo tuku lo yo. Dan dalam bahasa Inggris, you have to choose and buy our product," ujar dia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya