BNN: Kurir Narkoba Sering Menelan Barang Bukti

BNN tangkap kurir narkoba jaringan China dan Malaysia
Sumber :
  • VIVAnews/ Rizki Aulia Rachman
VIVAnews
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
- Banyak cara yang dilakukan pengedar narkotika dan obat terlarang (Narkoba) untuk menyelundupkan barang haram tersebut. Salah satunya yang terbilang nekat dengan cara ditelan (swallowed). Pernyataan ini dikemukakan Kepala Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sumirat Dwiyanto di kantornya, Kamis, 24 April 2014.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

"Cara ini (menelan sabu) memang awalnya banyak dipakai oleh orang-orang berkulit hitam, namun belakangan sudah diikuti oleh WNI (warga negara Indonesia-red) yang rela menjadi kurir," Kata Sumirat, dikantor BNN Cawang, Jakarta Timur.
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore


Seperti yang dialami Kus, Mah, dan Ev. Saat petugas mengamankan ketiganya di sebuah hotel di bilangan Bekasi dengan barang bukti yang disita petugas berupa 90 butir berisi sabu dengan berat selurunhnya mencapai 876,3 gram. Awalnya Kus mendapat tawaran dari Tgn yang telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk menjadi kurir dengan bayaran Rp 50 ribu per gram.


"Akhirnya mereka tergiur, mereka berangkat ke China, di sana mereka bertemu dengan pria berkulit hitam berinisial OZ, si OZ ini yang menyuruh menelan shabu itu, OZ bilang kapsul itu berisi berlian. Mereka awalnya menolak, tapi diancam tidak bisa kembali ke Indonesia," ujar Sumirat.


Setelah itu, lanjut Sumirat, masing-masing menelan 45 kapsul. Kus dan Mah yang diawasi EV kembali bertolak ke Jakarta.


"Sesampainya di Hotel Bekasi, Ev memintanya mengeluarkan kapsul tersebut. Dari Kus, EV menerima 40 butir kapsul seberat 395,2 gram." kata Sumirat.


Namun, petugas BNN kemudian menyergapnya, selanjutnya, petugas membawa Kus dan Mah ke RS Polri untuk mengeluarkan sisa kapsul.


"Setelah diamankan petugas, Kus dan Mah baru sadar bahwa yang mereka telan itu bukan berlian, melainkan shabu dengan berat total 437,6 gram," Kata Sumirat. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya