Jalan Lintas Barat Sumatera Nyaris Putus

Jalinbar amblas
Sumber :
  • VIVAnews/Harry Siswoyo

VIVAnews - Jalan lintas barat Sumatera, penghubung Provinsi Bengkulu menuju Padang, Sumatera Barat, ambles tergerus gelombang laut, Jumat 11 Juli 2014. Akibatnya, ruas jalan yang berada di Desa Urai, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara itu hanya tersisa dua meter, dan memaksa kendaraan bergantian melintas.

Menurut warga sekitar, ambles di ruas jalan provinsi tersebut, sudah berlangsung hampir sepekan ini. Tingginya gelombang laut yang langsung menghantam ke tebing badan jalan, membuat pelapis tebing yang sudah beberapa kali dipasang Pemprov Bengkulu tak mampu menahan dinding penopang aspal jalan.

"Amblesnya ruas jalan ini sudah beberapa kali terjadi. Tapi, sepertinya kini yang mengkhawatirkan, karena mendekati Lebaran banyak pengendara melintas," kata Jumadi, warga setempat.

Dari pantauan VIVAnews, kondisi badan jalan yang memang berdekatan dengan bibir pantai tersebut, sudah seperti lubang menganga sedalam sekitar 10 meter. Sementara itu, di sisa badan jalan yang masih tersisa sudah terlihat retak dan merekah.

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan

Dikhawatirkan, karena ruas jalan ini kerap dilintasi truk dan kendaraan bertonase besar, akan makin memperlebar diameter ambles, sehingga bukan tidak mungkin ruas jalan ini akan ambles total.

"Kendaraan harus ekstra hati-hati. Terutama malam. Sekalipun sudah dipasang tanda peringatan longsor, tapi rekahan amblesnya sepertinya semakin membesar tiap harinya," kata Jumadi.

Salah seorang pengguna jalan, Jailani (45), sangat berharap pemerintah setempat segera melakukan langkah antisipasi atas amblesnya ruas jalan tersebut. Sebab, jalur ini menjadi satu-satunya penghubung antara Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara serta ibu kota provinsi. Termasuk, menjadi salah satu jalur transportasi utama untuk menuju ke Sumatera Barat.

"Kalau jalan ini putus bisa dipastikan arus kendaraan menuju Padang ke Bengkulu dan sebaliknya akan sangat terhambat. Meskipun ada jalur alternatif lewat Sumatera Selatan, tapi jaraknya sangat jauh, jadi tidak mungkin dilakukan," kata Jailani.

80 persen rusak

6 Fakta Mengerikan di Balik Gran Max Maut yang Tewaskan 12 Penumpangnya di Km 58

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Sumardi mengakui hingga saat ini masih banyak ruas jalan di Bengkulu dalam kondisi memprihatinkan. Tercatat, sekitar 83 persen atau sepanjang 1.236 kilometer dari total jalan milik provinsi sebanyak 1.560,67 kilometer mengalami kondisi rusak parah dan ringan.

Sementara itu, untuk jalan lintas barat Sumatera, yang membentang sepanjang 783,86 kilometer dari Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, dan Kabupaten Mukomuko, diketahui 33,2 persen atau sepanjang 237,2 kilometer mengalami kerusakan berat.

"Harus diakui anggaran kami sangat terbatas, cuma Rp182 miliar. Hanya mampu untuk perbaikan jalan 90 kilometer," katanya. (art)

Viral istri lebih mahir parkirkan mobil ketimbang suaminya

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Seorang wanita pemilik akun TikTok @titinmukadaroh yang dilihat VIVA Otomotif, Jumat 11 April 2024, dia membagikan momen saat dirinya parkir mobil karena suami tak mahir.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024