PWNU: Lebih Baik Galang Dana Untuk Palestina

Dukungan rakyat Indonesia untuk Palestina
Sumber :
  • ANTARA/Noveradika
VIVAnews
Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi
- Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, selain mengecam aksi biadab tentara Israel yang memborbardir pemukiman warga di Gaza, Palestina dengan serangan militer, PWNU Jatim  menyerukan umat muslim di Indonesia melakukan penggalangan dana, guna membantu jihad di Palestina.

Advokat Arif Edison Divonis 1 Tahun Penjara, Ini Tanggapan Jhon LBF dan Machi Achmad.

"NU memandang yang terjadi di Jalur Gaza bukan semata urusan teologi atau agama. Faktornya kompleks,” kata Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah, Sabtu 12 Juli 2014.
Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online


Dia memaparkan, merespon tragedi militeristik di Gaza harus dilihat dari cara pandang kemanusiaan. Itu diperlukan untuk menepis pandangan sempit bahwa seolah-olah apa yang terjadi di Gaza adalah perang agama antara Islam dengan Yahudi. Dengan begitu, penggalangan relawan untuk berjihad ke Palestina tidak perlu dilakukan.


"Warga yang menjadi korban serangan Israel di Jalur Gaza bukan hanya warga muslim. Di sana juga ada warga Kristen dan agama lain,” kata Mutawakkil.


Terkait itu, PWNU Jatim mengeluarkan tiga pernyataan sikap,"Pertama, Pemerintah Indonesia, untuk lebih aktif melakukan langkah politik dan diplomasi menghentikan serangan militer Israel. Kedua, minta Pengurus Besar NU aktif membantu upaya menghentikan agresi militer Israel ke Palestina, melalui cara-cara diplomatik, dengan memanfaatkan jaringan-jaringan organisasi internasional yang ada. Ketiga, minta kepada seluruh umat Islam di Indonesia, terutama Nahdliyin, ikut mendoakan saudara sesama muslim di Jalur Gaza, dan melaksanakan Salat Ghaib untuk para korban."


"Cara ini lebih bermanfaat," seru pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kraksaan, Probolinggo itu.


Lanjut Mutawakkil, NU sudah memfasilitasi penggalangan dana bagi warga Indonesia yang berniat membantu meringangkan penderitaan warga Palestina. Dana bantuan bisa dikirim ke Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZIZNU) melalui rekening: Bank BNI - 0108575648;  Bank Mandiri - 1230004838977 dan Bank BCA - 6340161481, atas nama LAZIZNU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya