Kontes Adu Cerdas Robot Digelar di UGM

VIVAnews - Inovasi di bidang teknologi terus digalakan di Indonesia, salah satunya dalam bentuk robot. Sebanyak 37 tim peserta Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan 13 tim peserta Kontes Robot Indonesia (KRI) mengikuti Kontes Robot Tingkat Regional 3 di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Lomba yang digelar mulai hari ini, Rabu 13 Mei 2009 mempertandingkan empat kategori lomba, yakni senior beroda (16 tim), senior berkaki (6 tim), expert single (6 tim), dan expert battle (10 tim).

"Khusus KRCI ke-4 kategori yang dilombakan itu prinsipnya bisa memadamkan lilin atau semacam pemadam kebakaran," kata ketua panitia kontes robot, M. Ashari, seperti dikutip laman Departemen Komunikasi dan Informatika, Rabu 13 Mei 2009.

Dia menambahkan, untuk KRI merupakan ajang tanding antar perguruan tinggi se-Indonesia di bidang robotic dalam bentuk game yang temanya diambil dari cerita rakyat Jepang, Kago. Robot diuji kemampuan memukul sebuah drum.

Nantinya para peserta lomba KRCI akan diambil juara satu sampai dengan tiga yang akan diikutkan dalam lomba tingkat nasional. Sedangkan untuk KRI karena terdiri dari 4 regional maka akan diambil lebih dari 12 pemenang.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Suryo Hapsoro dalam sambutannya mengatakan kontes robot bertujuan memupuk minat, bakat dan kreatifitas mahasiswa dalam berinovasi di bidang teknologi.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?
Head of Public Relations Ninja Xpress, Ribka Pratiwi saat Media Visit ke kantor VIVA.co.id

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Perusahaan logistik, Ninja Xpress ternyata punya strategi besar membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024