Bintang Neutron Lebih Kuat daripada Baja

VIVAnews -  Bintang jenisnya ada berbagai macam. Salah satunya adalah bintang yang memiliki lapisan kerak sangat kuat. Bintang tersebut dinamakan bintang neutron, yang juga diketahui sebagai benda yang paling kuat di jagat raya, dibandingkan baja sekalipun.

Untuk mengukur kekuatan bintang neutron, tim peneliti dari Universitas Indiana Amerika membuat percobaan dengan mendekatkan medan magnet pada sekelompok bintang neutron.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Hasilnya menunjukkan bintang neutron bisa menahan dan mematahkan magnet yang kekuatannya lebih dari sepuluh juta kali kekuatan baja.

"Kedengarannya memang sangat aneh tetapi itulah kenyataannya," kata Charles Horowitz salah satu peneliti dari Universitas Indiana.

Bintang neutron juga merupakan objek terpadat kedua setelah Lubang Hitam yang ada di luar angkasa. Satu sendok teh neutron bintang beratnya bisa mencapai ratusan juta ton. Tidak seperti bintang pada umumnya, kerak bintang memiliki cangkang luar, yang berfungsi menjaga partikel untuk tetap berada di dalamnya.

Meskipun sangat kuat, bintang neutron dapat retak jika mendapat tekanan dari bintang lain yang memiliki sumber magnet yang sangat kuat.

Para ahli astronomi memperkirakan jika retakan itu terjadi akan menimbulkan fenomena magnetar flares yaitu semburan cahaya gamma yang besar yang keluar dari magnet bintang neutron.

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024