Gigi Berhias Batu Permata

VIVAnews - Kalian pasti sering melihat seseorang yang menggunakan gigi palsu dari emas atau perak. Ada pula yang menghias giginya dengan batu mulia misalnya brlian.

Ternyata kebiasaan memperindah gigi dengan batu mulia ini sudah dilakukan manusia sejak ribuan tahun lalu.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Hal itu terbukti dengan ditemukannya fosil gigi manusia yang berhiaskan bebatuan permata. Fosil gigi tersebut ditemukan di bagian Amerika Utara dan diperkirakan berusia 2500 tahun.

Menurut peneliti, dahulu masyarakat kuno Amerika utara juga memiliki semacam ahli gigi, untuk menghias gigi mereka dengan batu permata. Hal itu diketahui setelah tim peneliti dari Institut Nasional Antropologi dan Sejarah Meksiko meneliti fosil gigi bertahtakan permata.

Diperkirakan fosil gigi tersebut milik salah seorang penduduk suku asli Amerika Utara yang disebut Mesoamerica.

"Dengan ditemukannya gigi yang berhiaskan permata, menunjukkan profesi ahli atau dokter gigi sudah ada sejak zaman dulu," kata José Concepción Jiménez, salah seorang peneliti.

Ahli gigi zaman kuno tentunya tidak menggunakan alat canggih seperti sekarang. Salah satu alat yang mereka gunakan adalah batu keras yang berfungsi untuk mengukir gigi.

Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024