Pesawat Hercules Jatuh di Magetan

Profil Pesawat Naas Hercules C 130

VIVAnews - Pesawat Hercules C 130 jenis Long Body yang mengangkut 120 penumpang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur, Rabu 20 Mei 2009 sekitar pukul 06.25 Waktu Indonesia Barat.

Menurut informasi, pesawat dengan nomor registrasi A1325 itu sempat meledak dua kali. Pesawat itu menimpa dua rumah warga sampai hancur sebelum terbakar dan menyusup di pepohonan bambu.

Pesawat C-130 merupakan pesawat terbang bermesin empat mesin turbo yang bertugas sebagai pengangkat udara taktikal utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Mampu mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek atau tidak disiapkan.

Sebelumnya, pesawat tersebut adalah dipergunakan pengangkut tentara dan pesawat kargo yang sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, termasuk infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulan udara.

Peristiwa naas di Magetan bukan kali pertamanya dialami pesawat yang usianya diperkirakan lebih dari 30 tahun ini.

Berikut riwayat kecelakaan pesawat Hercules C 130 yang ditelusuri VIVAnews :

-11 Mei 2009, Pesawat angkut Hercules C-130 Angkatan Udara lepas ban saat mendarat di bandara Wamena, Papua. Roda pesawat yang copot mengantam satu warga.

- 5 Oktober 1991, Hercules C-130 milik TNI-AU, jatuh di kawasan Condet, Jakarta Timur. Sebanyak 135 orang terdiri dari 12 awak dan 121 anggota Paskhas AU dan dua satpam Balai Latihan Kerja Departemen Tenaga Kerja, menjadi korban.

-20 November 1985, Hercules C-130H-MP milik TNI-AU jatuh setelah menabrak dinding pegunungan Sibayak, dan menewaskan 10 awaknya.

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!
Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

Aksi berbahaya pengunjung Taman Safari, Bogor, Jawa Barat (Jabar) membuka kaca mobil di area singa viral di media sosial.  

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024