Sengketa Ambalat

Jenderal Malaysia Akan Terbang ke Jakarta

VIVAnews - Pemerintah Malaysia hari ini akhirnya bereaksi terhadap isu Ambalat yang ramai diberitakan di Indonesia.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Menteri Pertahanan Malaysia, Jenderal Tan Sri Abdul Aziz Zainal membantah pemberitaan media di Indonesia yang mengatakan kapal-kapal perang Malaysia telah memasuki wilayah kedaulatan Indonesia di Blok Ambalat.

Seperti dimuat laman berita Malaysia, Bernama, Aziz Zainal Angkatan Laut Indonesia seharusnya tak membuat pernyataan sepihak yang menjadi isu panas di media-media.

"Kedua negara sudah saling memahami. Jika ada isu sensitif yang membingungkan, sebaiknya menggunakan jalur resmi bukan lewat media," kata dia, seperti dikutip Bernama, Kamis 4 Juni 2009.

Menurut dia, masalah batas wilayah, khususnya, Ambalat antara Indonesia dan Malaysia harus dirundingkan di level komite teknis dua negara.  Jenderal Tan Sri Abdul Aziz Zainal lalu mengatakan dia akan segera terbang ke Jakarta untuk mendiskusikan isu-isu seputar Ambalat.

Sengketa Ambalat memanas di media di Indonesia ketika TNI Angkatan Laut menginformasikan bahwa kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Untung Surapati-872 menghalau kapal perang milik Tentara Diraja Laut Malaysia, KD Yu-308 yang mencoba masuk ke wilayah RI di perairan Blok Ambalat pada Senin 25 Mei 2009.

Blok Ambalat yang terletak di perairan Laut Sulawesi di sebelah timur Pulau Kalimantan, terus jadi obyek sengketa Indonesia-Malaysia. Akhir 2008 militer Indonesia memeringatkan Malaysia untuk tidak melakukan provokasi militer di wilayah Ambalat. Belajar dari lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan ke tangan Malaysia, TNI meningkatkan patroli di wilayah Ambalat.

Dalam setiap perundingan, Malaysia tetap berkeras bahwa Blok Ambalat merupakan bagian dari teritorinya. Bahkan mereka mengirimkan salinan nota diplomatik yang intinya memprotes kehadiran kekuatan TNI di Blok Ambalat.

Mengapa Ambalat jadi rebutan? Blok Ambalat dengan luas 15.235 kilometer persegi, ditengarai mengandung kandungan minyak dan gas yang dapat dimanfaatkan hingga 30 tahun.

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024