Banda Aceh Kota Terbersih versi Pemerintah

VIVAnews – Banda Aceh memenangkan penghargaan Adipura sebagai salah satu kota paling bersih dan paling hijau di antara kota-kota di Indonesia. ”Ini buah dari kerja keras, partisipasi yang kuat dari masyarakat, serta dukungan rekan-rekan kami,” kata Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin, Rabu 10 Juni 2009.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan penghargaan ini pada para pemenang di Istana Kenegaraan minggu lalu. Adipura adalah penghargaan yang diberikan pada kota-kota di Indonesia yang diselenggarakan setiaptahunnya. Penentu kemenangannya berdasarkan penilaian Kementerian Lingkungan Hidup.

Banda Aceh adalah salah satu kota yang hancur diterpa musibah Tsunami di ujung tahun 2004. Puing-puing tsunami telah dibersihkan dan saluran air diperbaiki. Strategi penanganan limbah juga dikembangkan. Lebih dari 1,1 juta meter kubik sampah tsunami dan 160 ribu meter kubik limbah rumah tangga dibersihkan.

Secara khusus, Mawardy berterima kasih pada UNDP atas kontribusinya untuk rekonstruksi paskatsunami. "Khususnya untuk keberhasilan proyek pengelolaan limbah," katanya.

UNDP memang cukup berperan dalam kebersihan kota Banda Aceh. Lembaga ini yang sangat mendukung Departemen Kebersihan dalam penanganan limbah serta membersihkan kota setelah tsunami.

Selain itu, mereka juga membangun Tembat Pembuangan Akhir Gampong Jawa menjadi TPA bersih. UNDP juga yang merehabilitasi 10 TPA sesuai standar internasional. "Keberhasilan tidak akan pernah tercapai tanpa kepemimpinan dari pemerintah serta masyarakat Aceh,” kata Håkan Björkman, UNDP Country Director di Indonesia.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024
Mauricio Pochettino

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Chelsea hancur lebur kalah bertandang ke markas Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris. Begini pengakuan manajer Chelsea, Mauricio Pochettino.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024