Lagi, TKI Tewas Gantung Diri di Malaysia

VIVAnews - Cerita tenaga kerja Indonesian (TKI) tewas di Malaysia seperti tidak ada habisnya. Cerita memilukan kali ini menimpa Nurul Wijayanti binti Sukono, salah seorangĀ  TKI asal Desa Binden, Wadungan, Ngawi, Jawa Timur.

Wanita kelahiran 23 September 1986 silam ini tewas gantung diri. Nurul gantung diri di rumah orangtua majikannya di Jalan Sridamai I Taman Sridamai 43000 Kajang, Malaysia.

Nurul adalah TKI yang bekerja di Malaysia melalui pengerah jasa tenaga kerja PT Mutiara Putra Utama. Dia bekerja di Malaysia sejak Oktober 2007 dengan majikannya Tan Seng Woo

Namun dia ditemukan meninggal dunia di rumah orangtua majikan bernama K Chai pada Sabtu 13 Juni 2009 pukul 06.30.

Jenazah diotopsi di Hospital Kajang masih dalam penyelidikan Kepolisian Malaysia di Kajang

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi I Gusti Made Arka mempertanyakan tewasnya Nurul. "Kok meninggalnya di rumah orangtua majikan. Apakah ada tekanan psikologis atau tekanan beban kerja," kata dia di Departemen Tenaga Kerja di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2009.

"Kami meminta pertanggungjawaban terhadap penyalur yang ada di Malaysia," katanya.

Pihaknya, kata Arka, akan menyampaikan kabar duka ini kepada kedua orangtuanya Senin, 15 Juni 2009 mendatang.

Dia berencana akan menyampaikan ke Departemen Luar Negeri untuk meninjau kembali untuk penempatan TKW di Malaysia. "15 Juni kami melakukan meeting walking group dengan Malaysia," katanya.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024